Penurunan Angka Kemiskinan Kalbar Masih Rendah

Ponticity

Editor Jindan Dibaca : 586

Penurunan Angka Kemiskinan Kalbar Masih Rendah
Ilustrasi
PONTIANAK, SP - Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Edy Suratman mengatakan, masalah kemiskinan di Kalbar akan menjadi persoalan besar yang akan dihadapi Gubernur Kalbar, Sutarmidji dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Dalam paparannya di Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan 2018 di Hotel Ibis, Pontianak, Selasa (18/9), Edy memaparkan penurunan tingkat kemiskinan di Kalbar berdasarkan Rancangan Teknokratik RPJMD Kalbar tahun 2019-2023 masih sangat rendah.

"Memang angkanya menurun tapi masih sangat rendah ini tentunya menjadi catatan penting yang harus diperhatikan," katanya.
Berdasarkan data yang disampaikan Edy, angka kemiskinan di Kalbar pada Maret 2017 sebesar 7,87 persen. Angka ini menurun di periode yang sama tahun 2018 menjadi 7,77 persen.

Selain kemiskinan, masalah lainnya adalah angka pengangguran. Pada Februari 2017 angka kemiskinan di Kalbar sebesar 4,22 persen. Angka pengangguran ini kemudian meningkat pada periode Agustus 2017 menjadi 4,36 persen.

"Diperlukan stimulasi keuangan yang baik dari pemerintah provinsi untuk mengatasi masalah ini," kata Edy. (jee)