Dishub Pontianak Tak Pungut Retribusi Parkir RS Sudarso

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 214

Dishub Pontianak Tak Pungut Retribusi Parkir RS Sudarso
Kepala Dinas Perhubungan Pontianak, Utin Srilena Candramidi
Pontianak, SP – Dinas Perhubugan Kota Pontianak mengaku tidak pernah menerima uang retribusi parkir di jalur hijau RSUD Sudarso. Jalur hijau dan fasilitas umum tidak diperuntukan parkir.  

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi mengatakan, pihaknya sejak awal tidak bersedia memungut retribusi parkir di jalur hijau depan RSUD Soedarso Pontianak.  

“Kami sudah mengetahui bahwa ini fasilitas umum yang akan dibangun jalan. Sebab itu kami tidak mau mengambil retribusi,” kata Utin saat mengawasi penggusuran jalur hijau di depan RSUD Sudarso, Selasa (9/10).  

Utin mengakui pihaknya mendengar ada surat perjanjian pengelolaan parkir dari RSUD Soedarso. “Intinya karena itu fasilitas umum, tidak boleh. Kecuali karena memang ada fasilitas umum tertentu seperti di Jalan Diponegoro, itu  kan di tepi jalan umum masih diberikan toleransi.”  

Utin juga membantah Dishub Pontianak membiarkan pelanggaran RSUD Soedarso yang mengizinkan pengelolaan parkir di jalur hijau. “Kita tidak membiarkan. Katanya ada kerjasama pihak parkir dengan RSUD Soedarso. Sekarang jelas akan dibangun jalan, jadi tugas kami mengamankan fasum saja,” katanya.  

Utin mengaku baru menerima kabar soal adanya perjanjian pihak rumah sakit dengan para juru parkir 2 hari yang lalu. Menurut dia, pemanfaatan fasilitas umum tanpa izin kepala daerah atau dinas terkait adalahh tindakan ilegal.  

“Perjanjian antara RSUD Soedarso dengan pengelola parkir kan sudah selesai. Itu bukan ranah kami. Yang jelas kami hanya mengamankan. Kendaraan tidak boleh parkir di situ,” ujar Utin. (nak/)