Gubernur Soroti Penempatan ASN Tak Sesuai Kompetensi

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 610

Gubernur Soroti Penempatan ASN Tak Sesuai Kompetensi
Pontianak, SP - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyoroti penempatan pejabat aparatur sipil negara yang dinilainya tidak sesuai kompetensi.    

Menurut Sutarmidji, sesuai data Badan Kepegawaian Daerah (BKD), banyak pejabat Pemprov Kalbar yang menduduki jabatan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan.  

Gubernur menegaskan, penempatan posisi jabatan tidak boleh ada campur tangan pihak ketiga di luar struktur pemerintahan. “Jangan coba-coba ketika anda punya  peluang menduduki jabatan, kemudian ada pihak ketiga berikan bisikan. Saya langsung batalkan. Pasti saya batalkan,” kata Sutarmidji.  

Sutarmidji berkeyakinan, pejabat yang dipilih karena titipan orang lain tidak akan berinteraksi baik dengan dirinya. “Ketika jabatan harus lewat orang ketiga, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Saya tidak mau,” ujar Gubernur.  

Gubernur juga meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kalbar mampu melakukan tugasnya dengan inovasi-inovasi baru. Tanpa inovasi, ASN tidak dapat bekerja dengan baik.  

“Inovasi merupakan bagian dari kita untuk meningkatkan daya saing,”  kata Sutarmidji, saat Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XX dan XXI di Aula BPSDM Kalbar, Jum’at (19/10).