Dewan Tidak Disiplin, Paripurna DPRD Kalbar Molor 1 Jam

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 230

Dewan Tidak Disiplin, Paripurna DPRD Kalbar Molor 1 Jam
Bangkus kosong DPR RI
Pontianak, SP – DPRD Kalimantan Barat menggelar rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Nota Penjelasan Gubernur Kalbar soal Raperda APBD Kalbar Tahun Anggaran 2019.  

Rapat yang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB di ruang Balairung Sari itu, molor 1 jam 17 menit. Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan telah hadir sejak pukul 08.30 WIB.   

Rapat paripurna hanya dihadiri tidak lebih dari 15 anggota Dewan dari  65 anggota DPRD Kalimantan Barat.  

Pengamat Politik Universitas Tanjungpura, Dr Jumadi menyesalkan hal tersebut. Dia menyebutkan kinerja DPRD Kalimantan Barat, terutama soal kehadiran rapat saat ini sangat rendah.  

“Ini masalah klasik dan penyakit sebagian Dewan. Terkait kehadiran serta molor (rapat) ini masalah kedisiplinan dan tanggung jawab serta tugas pokok. Tidak bisa dianggap remeh. Harus disadari bahwa hal ini sikap yang tidak wajar,” kata Jumadi,  Senin (22/10).   

Menurut Jumadi, anggota DPRD dan Sekretaris Dewan sebaiknya transparan terkait kinerja. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah melihat kinerja calon anggota dewan yang akan mereka pilih pada pemilu legislatif 2019 mendatang.  

“Sebentar lagi pemilu legislatif. Hal seperti ini kalau tidak diberitakan, masyarakat tidak tahu. Dengan kejadian seperti ini masyarakat dapat melihat bagaimana wakil mereka bekerja.”   

Jumadi berharap ada sanksi bagi anggota dewan yang tidak disiplin. “Mereka digaji dari uang rakyat, seharusnya bekerja untuk kepentingan masyarakat,” ujar Jumadi.