Lomba Kayoh Kuali Meriahkan HUT Kota Pontianak

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 205

Lomba Kayoh Kuali Meriahkan HUT Kota Pontianak
Pontianak, SP - Serangkaian kegiatan digelar untuk menyambut hari jadi Kota Pontianak ke 247. Warga dan beberapa komunitas tidak mau ketinggalan ikut memeriahkan HUT ibu kota Kalimantan Barat ini.  

Seperti lomba unik yang di gelar Komunitas Sayang Pontianak. Komunitas ini mengadakan lomba Kayoh Kuali untuk anak-anak. Lomba Kayoh Kuali dilaksanakan di Sungai Jawi, di depan Jalan Puskemas Pal III Kota Pontianak.  

Asrul Putra Nanda, salah seorang anggota Komunitas Sayang Pontianak mengklaim lomba ini sebagai lomba unik dan pertama digelar di Kalimantan Barat.  

Pontianak yang memiliki banyak sungai dapat dimanfaatkan sebagai tempat hiburan warga. Menurut Asrul, lomba Kayoh Kuali terinspirasi dari kegiatan serupa yang diunggah di YouTube. “Kegiatan ini terpikir dari beberapa video di YouTube,” kata Asrul, Minggu (21/10)  

Peserta yang sudah terdaftar di panitia sekitar 15 orang, namun di lapangan jumlah peserta ternyata lebih banyak. Peserta tidak memiliki syarat khusus, hanya harus mempetimbangkan berat badan dan bisa berenang.  

Panitia bekerjasama dengan komunitas-komunitas lain di Kota Pontianak agar kegiatan ini tidak hanya menghibur tapi juga mementingkan aspek keselamatan. Jaket keselamatan, ambulans, dan mobil pemadam kebakaran disiapkan di lokasi kegiatan.  

Melihat antusiasme warga yang cukup besar komunitas Sayang Pontianak berharap kegiatan serupa dapat digelar di beberapa sungai lain di Kota Pontianak. Lomba Kayoh Kuali diusulkan menjadi agenda tahunan. “Kalau memang masyarakat ingin acara ini dilanjutkan, kami akan coba usahakan,”papar Asrul  

Salah seorang peserta, Hairul mengungkapkan keseruannya mengikuti lomba ini. Dia kelihatan sangat menikmati bermain di sungai seperti kebanyakan anak lainnya. “Seru tapi tangan bengkak tergores kuali,” kata Hairul. (din)