Pemprov Kalbar Targetkan Asrama Haji Dekat Bandara Supadio

Ponticity

Editor Angga Haksoro Dibaca : 162

Pemprov Kalbar Targetkan Asrama Haji Dekat Bandara Supadio
Pontianak, SP – DPRD Provinsi Kalimantan Barat menyetujui usulan Rancangan Perda Penyelenggaraan Ibadah haji Daerah dan Pembiayaan Lokal Jemaah Haji.    

“Kami melihat asrama haji kurang representatif dan kami ingin bagaimana asrama haji dibangun dan dikelola dengan baik. Contohnya seperti Batam yang bisa menampung jamaah cukup banyak,” kata Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Senin (22/10).  

Menurut Ria Norsan, lokasi asrama haji saat ini sempit dan tidak dapat menampung jamaah haji yang jumlahnya bertambah setiap tahun. Tidak tertutup kemungkinan asrama haji dipindah sehingga berdekatan dengan Bandara Supadio.  

“Lokasi asrama haji jika memungkingkan di Kubu Raya. Apalagi jika ada tanah yang dekat dengan bandara. Jika nanti jadi embarkasi sendiri, jamaah haji yang pulang dapat langsung ke asrama haji tidak jauh lokasinya,” kata Ria Norsan.  

Luas lahan yang dibutuhkan untuk asrama haji sekitar 5 sampai 10 hektare. Pembangunan akan diserahka ke Kementerian Agama, sedangkan Pemerintah Provinsi Kalbar hanya akan mengurus pembebasan lahan.  

“Bisa saja lahan yang ada sekarang ditukar guling. Kita mendapat lahan yang lebih luas tetapi catatan lokasinya tidak jauh masuk ke dalam. Kalau kemarin wacanannya di Rasau Jaya masuk ke dalam lagi, dan kita mau dekat bandara,” ujar Ria Norsan.  

Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kalbar, Ermin Elviani dan dihadiri Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan dan 34 anggota Dewan.  

Fraksi Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, Nasdem, Nurani Keadilan dan Keadilan Sejahtera menyetujui dan menerima rancangan Raperda yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar untuk dibahas lebih lanjut. (hms/nak)