Kapolresta Pontianak Dimutasi, Terkait Perkara Istri?

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 18349

Kapolresta Pontianak Dimutasi, Terkait Perkara Istri?
Kombes Pol Wawan Kristyanto
PONTIANAK, SP – Mabes Polri melakukan mutasi sejumlah jenderal dan perwira menengah, satu diantaranya Kapolresta Pontianak Kombes Pol Wawan Kristyanto.

Posisi wawan digantikan Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir. Kapolresta yang lama menempati posisi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Ops Sops Polri.

Mutasi jabatan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/2880/XI/Kep./2018 yang diteken Asisten Bidang SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri atas nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Sebagaimana diketahui, istri Wawan, berinisial MH, tengah dilaporkan ke Polda Kalbar, terkait jual beli cincin berlian yang berujung dugaan penganiayaan terhadap Nia Kurnia. Kasus tersebut kini telah ditingkatkan menjadi penyidikan.

Kabid Humas Polda Kalbar, KOmbes Pol Nanang Purnomo mengatakan, MH akan segera dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi terlapor. Karena berdasarkan hasil visum, ditemukan ada rasa nyeri pada tekanan pipi dan leher korban.

“Pemanggilan (saki terlapor) akan dijadwalkan lebih lanjut oleh penyidik,” jelasnya.

Sementara itu, Wawan juga dikabarkan menjalani pemeriksaan di Div Propam Mabes Polri. Namun apakah pemeriksaan dan perkara dugaan penganiayaan itu terkait kepindahan Wawan, dibantah Nanang. 

“Tidak ada kaitannya (dengan perkara MH dan pemeriksaan di Propam),” ucap Nanang.

Selain itu, dalam telegram tersebut, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto digeser sebagai perwira tinggi Polri yang ditugaskan di Kementerian Perindustrian. Untuk penggantinya, ditunjuk Brigjen Pol Muhammad Iqbal yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Jatim.

Dengan demikian dipastikan bintang di pundak Iqbal akan bertambah satu. Sebab jabatan Kadiv Humas adalah posisi Irjen, jenderal bintang dua.

Brigjen M Iqbal sebelumnya pernah bertugas sebagai Kapolres Jakarta Utara, Kabid Humas Polda Metro Jaya dan Kapolres Surabaya.

Selanjutnya Brigjen Toni Harmanto digeser dari Karobinopsnal Bareskrim Polri menjadi Wakapolda Jatim. Posisinya akan digantikan oleh Kombes Nico Afinta yang mendapat promosi. Saat ini Nico menjabat Dirreskrimum Polda Metro Jaya. Posisi Dirreskrimum Polda Metro akan dijabat oleh Kombes Pol Roycke Harry Langie. (ang)