Kamis, 19 September 2019


Jokowi Nilai Waterfront City Paling Bagus

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 317
Jokowi Nilai Waterfront City Paling Bagus

WATERFRONT CITY – Masyarakat terlihat bersantai di waterfront city Pontianak. Presiden Jokowi menilai pembangunan waterfront city Pontianak paling bagus di antara tiga waterfront di daerah lainnya yang dibangun oleh pemerintah, saat kunjungan kerja ke lok

PONTIANAK, SP – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menilai pembangunan waterfront city berdampak pada perubahan paradigma masyarakat pinggir Sungai Kapuas. Perubahan rumah masyarakat yang mulai menghadap sungai itu diharapkan akan berdampak baik.

"Tadi kita lihat hasilnya. Rumah yang dulu membelakangi sungai, sekarang sebagian sudah mulai menghadap ke sungai," ucap Jokowi usai menyusuri Sungai Kapuas dalam kunjungan kerjanya ke Kota Pontianak, Kamis (5/9).

Diketahui, Jokowi bersama sejumlah pejabat terkait menyusuri sungai menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Lemukutan. 


Jokowi mengatakan bahwa model pekerjaan waterfront juga dikerjakan di tiga daerah lainnya yakni Bengkulu, Tegal, Semarang. Waterfront Kota Pontianak, dinilai Jokowi paling bagus dan panjang. Presiden menargetkan penataan waterfront selesai pada tahun depan.

"Mungkin maksimal tahun depan plus penataan toko dan lainnya, karena nanti juga ada pekerjaan di Gubernur dan Wali Kota," katanya.

Kondisi air sungai yang coklat dianggap Jokowi masih cukup bersih karena air Sungai Kapuas dipergunakan untuk air baku Kota Pontianak.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan Kota Pontianak sebagai salah satu dari empat kota yang menjadi prioritas penataan waterfront. 

Program pengerjaan waterfront telah dimulai sejak tiga tahun yang lalu. Dirinya berharap dengan kedatangan presiden melihat pengerjaan waterfront akan memberikan semangat baru. 

Ia menambahkan Pemkot Pontianak akan tetap menunjang konstruksi utama yang telah dilakukan kementerian dalam membangun waterfront. Dirinya berkomitmen akan tetap merawat waterfront ketika telah diserahterimakan.

"Pinggiran Sungai Kapuas yang akan berpotensi akan kita bangun," ucapnya.

Edi menyampaikan Presiden Jokowi menginginkan penataan sebaik mungkin di sekitar Sungai Kapuas. Presiden Jokowi juga menginginkan adanya kegiatan yang bisa mendatangkan wisatawan untuk mengunjungi Sungai Kapuas.

Pada bulan mendatang, Kota Pontianak akan menyelenggarakan agenda dragon boat internasional yang diharapkan bisa mendatangkan wisatawan. Kota Pontianak yang telah ditetapkan sebagai kawasan pembangunan kota baru juga akan dimaksimalkan.

"Presiden sangat responsif dan mendukung, maka percepatan akan kita lakukan," kata Edi.

Edi menyampaikan Pemerintah Kota Pontianak menganggarkan sekitar 40 miliar rupiah pada 2020. Pembangunan waterfront selanjutnya yang akan menyambung dari Kapuas Indah ke Senghie yang totalnya mencapai 1,2 kilometer. (din/bah)