Rabu, 23 Oktober 2019


Dinkes Pontianak Sediakan Rumah Oksigen untuk Penderita Sesak karena Asap

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 378
Dinkes Pontianak Sediakan Rumah Oksigen untuk Penderita Sesak karena Asap

Ruang rumah oksigen di Kantor Dinas Kesehatan Pontianak, Jalan A Yani. IST

PONTIANAK, SP - Dinas Kesehatan Kota Pontianak menyediakan rumah oksigen bagi warga yang mengalami sesak karena kabut asap. Layanan tersebut bisa diakses secara gratis.

Setidaknya ada tujuh lokasi yang telah siap. Di antaranya, Kantor Dinas Kesehatan Pontianak, Puskesmas Gang Sehat, Puskesmas Aliayang, Puskesmas Perumnas 1, Puskesmas Kampung Dalam, Puskesmas Siantan Hilir dan Puskesmas Kampung Bangka.


Kepala Dinas Kesehatan Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan memang terjadi peningkatan kasus ISPA di Pontianak dalam beberapa waktu terakhir.

"Iya ada peningkatan kunjungan penyakit ISPA," ucapnya.

Pelayanan rumah oksigen di tujuh lokasi tersebut gratis. Setiap warga bisa datang jika membutuhkan. Semua sebagai bentuk pertolongan pertama pada masyarakat yang mengalami sesak.

“Jika harus dirawat ke rumah sakit, maka akan dilakukan tindakan selanjutnya. Di Puskesmas juga dipersiapkan alat bantu pernapasan yakni nebulizer dan pengobatan sederhana,” katanya.

Handanu menambahkan, jika kondisi semakin memburuk, Puskesmas akan memberikan pelayanan gawat darurat selama 24 jam.

“Dengan kabut asap yang semakin tebal maka fasilitas kesehatan akan membantu masyarakat selama dua puluh empat jam,” tutupnya. (din/bls)