Rabu, 23 Oktober 2019


Kanwil Hukum dan HAM Kalbar Gelar Rapat Pengawasan Orang Asing

Editor:

M. Eliazer

    |     Pembaca: 123
Kanwil Hukum dan HAM Kalbar Gelar Rapat Pengawasan Orang Asing

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Yudanus Dekiwanto foto bersama dengan peserta rapat pengawasan orang asing di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar, Rabu (18/9).

PONTIANAK, SP - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019, di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar, Rabu (18/9).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Yudanus Dekiwanto mengatakan rapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka menyamakan persepsi pengawasan kegiatan orang asing di Kalbar, sesuai bidang tugas masing-masing.

"Rapat ini adalah sebagai forum menyamakan persepsi dan tukar menukar informasi dan wadah pengawasan orang asing di Kalbar," ujar Yudanus.

Kalbar merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain, sehingga menjadikan wilayah Kalbar sebagai tujuan transit lalu lintas orang asing dan barang.

Maka sangat berpotensi dengan tindakan ilegal, misalnya human trafficking, penyelundupan narkoba, serta perbuatan yang dapat mengancam stabilitas negara. Menurut dia pertemuan ini bisa ditingkatkan menjadi operasi bersama, terlebih lagi jika memang krusial.

"Ini sementara tukar menukar informasi masing-masing instansi terkait orang asing, jangan sampai nanti menjadi suatu yang membludak. Ini merupakan langkah pencegahan yang mana informasi awal itu akan kita tindak lanjuti," ujarnya.

Yudanus berharap  peran Tim Pora tingkat provinsi juga mampu memberikan penguatan terhadap Tim Pora tingkat kabupaten dan kota, bahkan pada Tingkat Kecamatan. “Sehingga pengawasan orang asing di wilayah kita dapat berjalan sampai pada lapisan terbawah pada masyarakat,” ujar dia. (iat)