Minggu, 20 Oktober 2019


Dekatkan Pembelajaran Nyata ke Siswa

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 36
Dekatkan Pembelajaran Nyata ke Siswa

FOTO UDARA - Sejumlah siswa antusias memperhatikan proses pengambilan foto udara menggunakan drone pada program PKM Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak di SMA Negeri 1 Kakap pada Senin (7/10).

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kakap antusias mengikuti Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. PKM sebagai upaya mendekatkan pembelajaran geografi secara nyata ke siswa sekolah.


Ketua Tim PKM Prodi Pendidikan Geografi, Wiwik Cahyaningrum mengatakan program pengabdian yang diselenggarakan di sekolah sebagai upaya meningkatkan minat pembelajaran siswa, terutama pada mata pelajaran geografi.

 

Selama ini, siswa hanya belajar dari buku tanpa mengetahui proses sebuah data diambil.


"Sebagai contoh pengambilan foto udara dalam PKM ini kita gunakan drone. Jadi, siswa bisa tahu prosesnya," ucap Wiwik Cahyaningrum saat diwawancarai di sela-sela pelaksanaan program PKM Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak di SMA Negeri 1 Kakap pada Senin (7/10).


Dengan pengambilan foto udara secara langsung, siswa akan mengetahui sebuah data foto udara bisa dihasilkan. Menurutnya, sebuah pembelajaran akan lebih mudah diserap siswa jika dilakukan praktik secara langsung.


Dirinya menyebutkan dalam pelaksanaan PKM juga diberikan materi berkaitan dengan interpretasi citra satelit. Dengan pendampingan yang dilakukan oleh tim PKM, maka pemahaman siswa akan proses interpretasi sebuah citra akan lebih mudah.


"Kita juga bawa alat lainnya yang lebih memudahkan pembelajaran siswa," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Kabupaten Kubu Raya, Wirnelis mengapresiasi pelaksanaan PKM. Menurutnya, dengan pengenalan barang baru, teknologi baru dalam pembelajaran geografi akan semakin mempermudah pemahaman pembelajaran siswa.


Dikatakan bahwa dengan PKM, siswa akan mengetahui secara nyata pembelajaran selama ini, seperti pengambilan citra dan foto satelit. Siswa juga bisa mengetahui sistem kerja penginderaan jarak jauh.


"Selama inikan hanya dikhayalkan. Kalau sekarang jadi lebih tahu," ucapnya.


Dirinya tidak menampik jika fasilitas di sekolah yang minim membuat siswa kesusahan menjalankan pembelajaran. Dengan PKM ini bisa menguntungkan bagi siswa yang mengetahui cara kerja pengambilan foto udara.


Senada, Guru Mata Pelajaran geografi SMA Negeri 1 Kakap, Eko menyambut baik pelaksanaan PKM tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan ini sangat positif. Sebagai guru mata pelajaran geografi, pihaknya sangat terbantu. 


Para siswa bisa melakukan praktek dan mengetahui dasar dari penginderaan jarak jauh dengan bantuan dari tenaga pendidik IKIP PGRI Pontianak.


"Kami berharap kegiatan semacam ini sesering mungkin dilaksanakan," katanya.


Ia menyampaikan kegiatan ini juga sangat membantu perkembangan pendidikan. Ke depan diharapkan penambahan fasilitas agar anak semakin mendapatkan pembelajaran yang enak. (dino/bah)