Minggu, 17 November 2019


Gemawan Ajak Masyarakat Kalbar Perkuat Gerakan Anti Korupsi

Editor:

M. Eliazer

    |     Pembaca: 98
Gemawan Ajak Masyarakat Kalbar Perkuat Gerakan Anti Korupsi

Peserta sosialisasi kerja sama antara KPK dan Gemawan dalam rangka penanganan pencegahan korupsi di Kalbar

PONTIANAK, SP - Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) melalui Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi (Setnas PK) menjalin kerjasama dengan Gemawan dan Universitas Tanjungpura untuk memperkuat gerakan anti korupsi di Kalimantan Barat. 

Youth Campaigner Gemawan, Rahma mengatakan kerja sama ini sebagai upaya untuk memperkuat gerakan anti korupsi oleh masyarakat sipil.

"Sebenarnnya terkait kerja sama dengan KPK ini tentunnya semakin memperkuat upaya-upaya yang dilakukan oleh CSO, khususnya yang ada di tingkat daerah," jelas Rahmah kepada Suara Pemred setelah Diskusi Publik, di Kampus Magister Hukum Untan, Selasa (5/11).

Rahma mengatakan, kerja sama antara Gemawan dengan KPK sebenarnya sudah lama terjalin, salah satu produk lerja sama adalah terbentuknya Sekolah Anti Korupsi di Kalbar. 

Kesadaran untuk memberantas korupsi harus datang oleh arus bahwa masyarakat daerah mempunyai peran penting untuk mengawasi jalannya sistem pemerintahan yang bersih dari perilaku korup. 

Rahma juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemerintahan daerah, serta ikut mendorong gerakan anti korupsi di Kalbar.

"Tentunya, kita dari Gemawan juga akan membangun kersama dengan banyak pihak. Perlu ada gerakan kolektif baik tingkat pemerintah maupun masyarakat sipil dalam memberantas korupsi di daerah," jelas dia.

Rahma berharap dengan adanya kerjasama tersebut, bisa mengaktifkan lagi gerakan anti korupsi yang ada di Kalbar.

Hal terpenting adalah upaya pencegahan harus saling membahu untuk mewujudkan upaya pencegahan yang mudah diterima dan bisa melekat dimasyarakat luas

"Khususnya untuk masyarakat Kalbar, tentunya peran Gemawan juga untuk mengenalkan gerakan anti korupsi lainnya diberbagai lapisan masyarakat  Kalbar," pungkasnya. (iat)


  •