Jumat, 13 Desember 2019


Dewan Minta Galian Kabel PLN Diawasi

Editor:

Bob Soeryadi

    |     Pembaca: 158
Dewan Minta Galian Kabel PLN Diawasi

Anggota DPRD Kota Pontianak, Hardianto

PONTIANAK, SP - Proyek galian saluran kabel Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini berlangsung di beberapa titik di Kota Pontianak. Penggalian tersebut bertujuan untuk pemasangan kabel tanah yang menggantikan kabel udara. Kedepannya mungkin tidak akan ada lagi kabel udara yang ada di sekitar jalan. Kabel udara akan digantikan dengan kabel di dalam tanah.

Namun proyek galian tersebut mendapatkan kritik keras dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Hardianto. Hardianto mengatakan proyek galian kabel PLN tersebut saat ini terjadi permasalahan di lapangan. Pasalnya pengerjaan galian kabel PLN tersebut dilakukan tanpa adanya pengawasan. Seperti yang terlihat dilapangan, saat proses penggalian parit. Kemudian pemasangan pipa, selanjutnya ditimpa dengan blok beton. 

"Ketika mereka menggali untuk memasang pipa, tanah itu diangkat dan ditaruh di tepi saluran, setelah pemasangan tanah tersebut di jatuhkan lagi ke dalam parit," ucap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Hardianto.

Hardianto menyampaikan proses pengerjaan seperti itu akan menyebabkan pendangkalan. Pendangkalan dan penyumbatan tersebut akan berdampak semakin mempermudah banjir terjadi.

Dirinya mengharapkan pemerintah Kota Pontianak terutama dinas terkait untuk turut bekerjasama mengawasi proses pengerjaan galian kabel dibawah tanah PLN. Jika hal tersebut semakin berlanjut dan semakin menyebabkan penyumbatan dan pendangkalan parit pihaknya tidak segan untuk menghentikan pengerjaan galian kabel dibawah tanah PLN.

"Kami akan turun ke lapangan dan menghentikan pengerjaan itu, " tegasnya.

Hardianto meminta penanganan secara cepat agar proses pendangkalan dan penyumbatan parit tidak semakin buruk. Jika hal tersebut dibiarkan tentu akan menyebabkan banjir kembali terjadi di Kota Pontianak. (din)


  •