Senin, 17 Februari 2020


Letkol Adm Hendri Kelana Didukung Kalangan Ulama, Kuda Hitam Pilkada Sambas Kembali Mengudara

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 536
Letkol Adm Hendri Kelana Didukung Kalangan Ulama, Kuda Hitam Pilkada Sambas Kembali Mengudara

Letkol Adm Hendri Kelana Didukung Kalangan Ulama, Kuda Hitam Pilkada Sambas Kembali Mengudara

PONTIANAK, SP – Perbincangan dan pembahasan terkait Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalbar semakin hangat, salah satunya Kabupaten yang menggelar Pilkada Serentak adalah Sambas. Publik Bumi Serambi Mekah tersebut, telah menggadang-gadang calon terbaiknya.

Salah satu tempat yang selalu ramai untuk membahas persoalan Pilkada Serentak Tahun 2020 Kabupaten Sambas adalah Warkop Sekuntum. Warkop ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya para tokoh agama, elit politik, dan kaum milineal. Setiap hari mereka ramai membahas tentang siapa yang akan menjadi petarung terbaik pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

Pilkada Kabaupten Sambas menarik untuk dikaji, karena isu besarnya adalah semangat perubahan yang diidamkan oleh masyarakat. Sehingga memunculkan banyak figur calon pemimpin baru yang akan bertarung pada Pilkada 2020 Kabupaten Sambas. Mulai calon dari petahana, ASN, Kader Partai Politik, akadimisi dan juga kalangan Militer.

Hal yang perlu diwaspadai adalah adanya sosok “Kuda Hitam”, yaitu sosok baru dalam Pilkada, karena data menunjukkkan bahwa dalam kondisi di mana kedua pertahana maju dalam Pilkada secara bersamaan, maka sosok baru cendrung lebih dipilih oleh masyarakat. ”Kuda Hitam” ini bisa jadi antitesa dari kedua calon Petahana, akan tetapi hal ini tentunya tergantung ke arah mana Parpol menunjukkan dukungannya. 

Walaupun hingga saat ini, selain PKS, yang menjadi perahu petahan, belum ada satu partai pun yang menyatakan sikap dukungannya kepada salah satu Bakal Calon (Balon) Bupati atau Wakil Bupati.

Salah satu figur muda yang sederhana dan bersinergi dari kalangan Militer, adalah Letkol Adm Hendri, S.Sos. Ia merupakan putra asli Kabupaten Sambas, yang lahir di Pemangkat pada 28 Maret 1969. Saat ini, ia masih aktif berdinas di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio. Kemunculan dan kesiapan Bang Angah Hendri, sapaan akrabnya akan menjadi “Kuda Hitam Pilkada Sambas 2020, terus jadi bahan perbincangan.

“Ternyata, keseriuasan saya maju, memberikan nuansa dan semangat baru di masyarakat serta kalangan elit politik daerah ini.Bahkan muncul isu bahwa saya adalah kandidat kuat “Kuda Hitam” penantang petahanan untuk head to head,” ujar Letkol Adm Hendri, kepada Suara Pemred, Minggu (12/1).

Bang Angah Hendri merupakan alumni SDN 1 Sekura, SMPN 2 Pemangkat, SMAN 1 Pemangkat, dan alumni Fakultas Sospol Untan Pontianak, serta Akademi Militer Magelang. Ia menyatakan dirinya sangat siap hadir di Kabupaten Sambas sebagai salah satu Balon Bupati. Hal ini didasari  atas dorongan dan permintaan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Secara umum, untuk pengenalan figur ke masyarakat, sudah saya lakukan setahun berjalan. Saya dibantu oleh relawan yang tediri dari tokoh agama dan tokoh masyarakat,” paparnya.

“Bahkan, hampir setahun berjalan ini, sudah 17 kecamatan saya datangi. Kemudian terusa berlanjut, hingga saya membangun komunikasi dengan beberapa Parpol besar, mulai dari tingkat DPC, DPD, dan DPP,” lanjut Letkol Adm Hendri.

Hanya saja, ia tidak menyebutkan partai mana yang nantinya akan mengusung maju sebagai Balon Bupati Sambas, dengan pertimbangan menjaga etika partai. Ia tetap menghormati dan menanti tahapan-tahapan aturan yang diselenggarakan oleh Partai.

“Pada saatnya tiba, pasti akan saya sampaikan kepada seluruh masyarakat. Artinya proses telah saya jalani, pengenalan, tatap muka, dan mendaftar ke beberapa partai. Termasuk komunkasi dengan DPC, DPD, bahkan DPD,” pungkasnya. (mul)