Senin, 27 Januari 2020


Pontianak City Run Targetkan 3.500 Peserta

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 98
Pontianak City Run Targetkan 3.500 Peserta

PRESS CONFERENCE -Press conference Pontianak City Run Half Marathon 2020 di teras Lapangan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman pada Minggu (12/1). SUARA PEMRED/DINO

PONTIANAK, SP – Setelah sukses diikuti oleh ribuan peserta dari dalam dan luar negeri pada Febuari 2019 lalu, event Pontianak City Run kembali akan digelar tahun ini. Ajang lari berskala internasional ini ditargetkan akan diikuti lebih dari 3.500 peserta. 

Event yang digelar untuk kedua kalinya ini, kini telah berganti nama menjadi Pontianak City Run Half Marathon 2020. Kegiatan ini diharap dapat berdampak positif bagi dunia olahraga dan juga sektor pariwisata dan perekonomian.

Ketua Pengurus Kota Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengkot PASI) Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar mengatakan, pelaksanaan event Pontianak City Run yang kembali diulang bisa menunjang perkembangan ekonomi Kota Pontianak. Kota Pontianak sebagai kota perdagangan dan jasa perlu mengenalkan diri kepada dunia internasional.

"Berbagai agenda termasuk Pontianak City Run merupakan upaya memperkenalkan Kota Pontianak ke dunia internasional," kata Herman Hofi Munawar saat press conference Pontianak City Run Half Marathon 2020 di teras Lapangan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Minggu (12/1).

Ia menambahkan, event Pontianak City Run memiliki efek yang luar biasa tidak hanya di dunia olahraga. Namun secara ekonomi event tersebut juga memiliki dampak yang sangat besar.

“Event ini juga sebagai upaya pengembangan minat dan bakat atlet. Hal tersebut akan menjadi embrio sehingga ke depannya akan ada pelari baru yang berprestasi bagi Kota Pontianak. Peserta yang berprestasi akan di coba untuk direkrut kemudian dididik PASI," jelasnya.

Herman menyampaikan, pihaknya menargetkan jumlah peserta sebanyak 3.500 orang. Jumlah tersebut tidak hanya masyarakat Kota Pontianak namun dari luar kota bahkan internasional.

Karena melibatkan banyak pihak bahkan dari tingkat pelajar, maka akan terlihat bakat-bakat para calon atlet. Tentu bagi peserta yang berprestasi akan direkrut hingga menjadi atlet berprestasi.

"Saat ini sudah ratusan atlet yang aktif bergabung, maka kita akan usahakan regenerasi terus," katanya.

Menurut Herman, regenerasi atlet harus terus dilakukan sehingga tidak terjadi stagnasi prestasi. Tidak adanya regenerasi juga sangat berbahaya.

Dia berharap event tersebut bisa menjadi upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan olahraga. Sehingga semua juga bisa mendorong peningkatan indeks pembangunan olahraga.

"Perlu dukungan dari semua pihak, hal ini tentu membanggakan bagi Kota Pontianak," pungkasnya.  

Sementara itu Ketua Sporta Indonesia, Ongky Lesmana mengatakan, pelaksanaan event tersebut bertujuan menggabungkan olahraga dan pariwisata untuk Kota Pontianak. Apalagi saat ini di Indonesia bahkan dunia, perkembangan olahraga lari sangat meningkat.

Dengan olahraga lari, sebenarnya juga bisa mendatangkan turis ke Kota Pontianak. Event kali ini menurutnya berbeda dengan sebelumnya. Karena pada half marathon tahun ini jarak 21 kilometer bukan hal biasa.

"Sehingga kita bisa mendatangkan turis dan wisatawan dari luar untuk mengikuti Pontianak City Run," ucap Ketua Sporta Indonesia, Ongky Lesmana.

Adapun rute yang akan dilalui pelari mulai dari Alun-alun Kapuas. Kemudian berkeliling Kota Pontianak dan finish kembali di Alun-alun Kapuas. (din/ien)

Sejumlah Negara Telah Mendaftar

Ketua Sporta Indonesia, Ongky Lesmana mengungkapkan, saat ini dari beberapa negara sudah mendaftarkan diri. Diantaranya dari Pantai Gading, Kenya, Belanda, Filipina, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam. Untuk nasional atlet dari berbagai daerah juga sudah mulai mendaftar.

"Untuk Kalbar kita berharap tingkat partisipasinya lebih tinggi lagi, sehingga bisa meningkatkan prestasi olahraga," katanya.

Ongky menyakini semakin banyak event yang diadakan, maka seharusnya tingkat partisipasi masyarakat Kota Pontianak semakin tinggi. Hak tersebut tentu juga akan berdampak pada peningkatan prestasi.

Dijelaskannya, pendaftaran peserta dilakukan secara online dan offline. Untuk pendaftaran bisa di www.lari.id/pcr2020. Namun untuk offline bisa mendatangi Kantor Lilo Sport.

IUntuk kategori 21K hingga saat ini sudah 400 yang mendaftar. Pihak panitia hanya mentargetkan 500 peserta. Namun untuk kategori 5K ditargetkan sebanyak 2000 orang.

"Untuk kategori kids satu kilometer kita targetkan 1000 orang," pungkasnya. (din/ien)