Pemkot Diminta Sosialisasi Lingkungan ke Warga

Potret

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 60

Pemkot Diminta Sosialisasi Lingkungan ke Warga
Ilustrasi. Net
SINGKAWANG, SP - Ketua LSM Publik Singkawang, Uray Albert berharap Pemerintah Kota Singkawang gencar mengingatkan warga dan pengusaha  akan pentingnya lingkungan.

"Seperti baru-baru ini adanya indikasi kualitas air menurun di sebagian sungai Singkawang, maka harus menjadi perhatian," kata Albert, Selasa (27/3).

Apalagi, katanya, pengembangan penataan sungai tidak semata visi menyelamatkan lingkungan, namun lebih dari pada itu untuk meningkatkan nilai estetika sungai itu sendiri.

"Namanya juga kota wisata, sungai kita harus bersih dan bernilai wisata juga," ujarnya.

LSM Publik, katanya, siap menjadi mitra strategis dalam upaya menciptakan lingkungan yang bebas polusi seperti sungai, serta mendorong menciptakan warga akan sadar kebersihan sungai itu sendiri.

Menurutnya, sungai-sungai yang membelah Kota Singkawang menjadi potensi ikon wisata. Caranya, tambah dia, perlu ada aturan tegas terkait sanksi bagi siapa saja yang suka membuang sampah di sungai.

Selain itu, normalisasi berkesinambungan akan sungai, badan sungai hingga pinggiran sungai harus dilakukan.

"Mulai penataan dan pembangunan pinggiran sungai perlu jadi perhatian. Jangan sampai ada bangunan berdiri diatas sungai," jelasnya.

Setelah pembangunan sarana dan prasarana sungai melalui tahapan-tahapan perencanaan yang ada maka barulah seiring proses penataan maka pola perilaku warga terhadap menjadi prioriotas juga.

"Yakni bagaimana sungai menjadi warisan alam yang patut dijaga dari polusi mulai hulu ke hilir," terangnya.

Dia berharap, semoga ke depan Sungai Singkawang yang membelah kota itu bisa menjadi ikon wisata baru dan bernilai ekonomi.

"Danau buatan bekas galian sumur saja bisa disulap menjadi objek wisata apalagi sungai Singkawang yang sudah lama ada," harapnya. (rud/jee)