Jumat, 13 Desember 2019


Festival Kampung Berseri Astra Meriahkan Hari Kesehatan Nasional (selesai)

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 55
Festival Kampung Berseri Astra Meriahkan Hari Kesehatan Nasional (selesai)

Seorang Gadis berpose di depan Mural KBA Sungai Jawi Berseri yang terletak di Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak

Sungai Jawi Berseri Andalan Grup Astra Kalimantan Barat

Kampung Berseri Astra (KBA) adalah wujud nyata kontribusi sosial berkelanjutan Astra, untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan. KBA telah terbukti mengangkat derajat kehidupan masyarakat setempat.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk mewujudkan desa maju, mandiri dan sejahtera, Grup Astra kini memiliki 86 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan juga 645 Desa Sejahtera Astra.

Di Pontianak, PT Astra Internasional (AI) Tbk, telah menyelenggarakan Festival KBA, beberapa waktu lalu. Event ini mengangkat tema “Astra untuk Indonesia Kreatif”, yang menjadi rangkaian peringatan Titik Kulminasi Matahari atau Hari Tanpa Bayangan 2019.

Diperkuat dengan semua perusahaan Astra Internasional (Astra Grup) di Kalbar, yang terdiri dari 16 perusahaan di berbagai bidang, Festival KBA ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, di antaranya adalah Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), dengan kegiatan pemilihan Duta Kampus Lalu Lintas.

Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bukti nyata aktivitas sosial dan pembangunan bangsa, yang dilalukan oleh Astra Internasional. Tepatnya pada kegiatan Pontianak International Dragon Boat (PIDB) dan  Khatulistiwa Run 2019.

Selain membuka stand-stand yang diisi oleh perusahaan-perusahaan Astra Grup, di antaranya Stand Cari-aman Astra Motor Pontianak dan stand lainnya, Astra Grup juga menyumbang satu unit Dragon Boat. Selain itu, juga satu unit Honda Genio, sebagai doorprize Khatulistiwa Run 2019.

ESR Astra Grup, Bondan mengungkapkan dukungan ini karena Astra berkomitmen untuk mengembangkan potensi empat pilar. “Kita fokus pada pendidikan, kesehatan, lingkungan dan ekonomi,” paparnya.

PIDB sendiri dinilai selaras dengan apa yang dikembangkan oleh Astra, yaitu adanya potensi di Internasional Dragon Boat, untuk pengembangan wisata daerah, sehingga adanya sinergi dengan pemerintah, untuk memberi manfaat bagi masyarakat.

“Kita punya dua kegiatan besar, yaitu Festival IAABL, yang sudah dilaksanakan sejak 2014. Kemudian pada 2019, dilaksanakan di Pontianak, yang dipilih berdasarkan masukan dari stakeholder agar bisa dijadikan sebagai contoh oleh kota lain,” kata Bondan.

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan juga, Astra telah launching Kampus pelopor keselamatan berlalu lintas yakni di Untan sebagai kampus kedua di tahun ini. Bondan berharap ke depan ada kerjasama Astra Indonesia dengan pemerintah Kota Pontianak.

“Semoga berkesinambungan terus dan ada program inovasi sehingga tujuan 4 pilar tadi tercapai. Astra hanya memfasilitasi saja,” tutupnya. (aep mulyanto)