Senin, 17 Februari 2020


Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera (1)

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 166
Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera (1)

Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera

Gandeng Komunitas Lokal Wajudkan Ekonomi Masyarakat

PT Astra International Tbk, menggandeng Komunitas Kote Singkawang dan Kampung Batik, mengggelar Pasar Murah. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan Desa Sejahtera Astra di Kota Singkawang.

Pasar murah Astra International ini berlangsung untuk tiga Desa Sejahtera binaan Astra, yaitu Kelurahan Sedau, Kelurahan Nyarumkop, dan Kelurahan Cisadane, yang di pusatkan di Gedung Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Singkawang, Jalan Merdeka, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini melibatkan Komunitas Kote Singkawang dan Kampung Wisata Batik Singkawang, yang merupakan mitra pendamping. Kegiatan ini

merupakan realisasi Corporate Social Responsibility (CSR) Astra.

“Astra membagikan 500 paket sembako, yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu," kata Pembina Kampung Wisata Batik Singkawang, Priska Yeniriatno, yang juga merupakan peserta Satu Indonesia Award (SIA) dari Kalbar.

Menurut Koordinator Astra International Wilayah Kalbar, Cito Kurnia, kegiatan ini sejalan dengan cita-cita Astra Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara. Sejak tahun 2018 yang lalu, Astra berkomitmen untuk mengembangkan Program Desa Sejahtera Astra, yakni program pengembangan kewirausahaan berbasis masyarakat desa dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

“Hingga tahun 2019 ini Astra telah membina 645 Desa Sejahtera dengan komposisi 430 Desa dibina oleh Astra di 215 Desa dibina oleh masing-masing anak perusahaan Grup Astra. Sementara di Kalbar, ada empat wilayah binaan, yaitu satu di Pontianak dan tiga di Singkawang,” kata Cito.

Adapun Paket Sembako yang dibagikan berisi 4 kg beras, 2 kg Gula Pasir, 2 liter minyak goreng, dan 1 kg tepung. Harga awal paket ini bernilai Rp100 ribu dan dijual seharga Rp50 ribu dengan subsidi dari Astra senilai Rp50 ribu per paket.

Pasar Murah Desa Sejahtera binaan Astra ini memang baru pertama kali berlangsung di Kota Singkawang. Oleh karenanya, Pasar Murah ini disambut baik dan sangat di apresiasi oleh warga yang berada di wilayah tersebut.

"Hasil penjualan yang didapat dari Pasar Murah ini, digunakan untuk pengembangan Kerajinan Batik Singkawang di tiga Kelurahan Kota Singkawang," ujar Ketua RT 10 Kelurahan Nyarumkop, Zaindus. (aep mulyanto)