Senin, 17 Februari 2020


Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera (3)

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 209
Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera (3)

Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera

Bangun 275 Desa Baru Menuju Sejahtera Lahir Batin

PT Astra International Tbk, melakukan penandatanganan kerja sama dengan 275 desa untuk program Desa Sejahtera Astra 2019. Hal ini untuk mendukung program pemerintah  mengembangkan perekonomian pedesaan.

Deputy Chief of Corporate Affairs Astra International Riza Deliansyah mengatakan, dalam program ini pihaknya telah mengajak 370 desa dari 77 kabupaten untuk diberikan bantuan. Untuk tahun 2020, Astra menargetkan kerja sama dengan 645 desa.

"Acara ini terselenggara dengan komitmen kita semua. Kami berharap bisa saling tukar pengalaman terkait ESR dan CSR dengan perwakilan dari desa. Desa Sejahtera ini program CSR kami di kewirausahaan," ujarnya di Menara Astra, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Program ini melibatkan Kemendes PDTT, Nadlatul Ulama (NU), universitas, serta perusahaan startup digital untuk kegiatan pemasaran. Bantuan berupa pendidikan pelatihan, bantuan prasarana, akses permodalan. Astra ingin berkontribusi menuju pembangunan berkelanjutan agar bisa jadi role model pengembangan desa lain di Indonesia.

Riza melanjutkan, program ini diharapkan bisa menjadi acuan dari perusahaan lain untuk menyejahterakan masyarakat desa. Pasalnya, masyarakat desa juga membutuhkan pendampingan dan pemasaran produknya oleh perusahaan-perusahaan tersebut 

Pembangunan desa sangatlah penting untuk menggenjot perekonomian bangsa. Pasalnya, Indonesia saat ini masih ada 20.000 desa yang tertinggal dan sekitar 5.000 desa tidak pernah mendapatkan dana pembangunan dari pemerintah pusat.

Jika hal ini tidak diubah maka kesenjangan ekonomi akan semakin jauh dan dalam. Kesenjangan ini bahkan dapat menimbulkan perpecahan di dalam negara. Astra sangat peduli terhadap pengembangan desa-desa di Indonesia dan Pemda yang bersedia mengawal Dana Desa dengan baik.

Program Desa Sejahtera, sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yang membangun Indonesia dari desa dan daerah pinggiran, CSR Astra telah menggelar Sayembara Kampung Berseri Astra (KBA) Desa Sejahtera Tahun 2019.

Desa Sejahtera merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra bekerja sama dengan Kemendesa PDTT, yang diimplementasikan kepada masyarakat di desa dan kawasan perdesaan dengan konsep pengembangan ekonomi kawasan perdesaan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. (mul)