Senin, 17 Februari 2020


Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera (4)

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 250
Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera (4)

Astra Internasional Membangun Bangsa Lewat Program Desa Sejahtera

Kembangkan 500 Wilayah Pedesaan di Seluruh Indonesia


Program Desa Sejahtera, sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yang membangun Indonesia dari desa dan daerah pinggiran, CSR Astra telah menggelar Sayembara Kampung Berseri Astra (KBA) Desa Sejahtera Tahun 2019.

Desa Sejahtera merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra bekerja sama dengan Kemendesa PDTT, yang diimplementasikan kepada masyarakat di desa dan kawasan perdesaan dengan konsep pengembangan ekonomi kawasan perdesaan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui program ini, Astra, pemerintah dan masyarakat berkolaborasi mewujudkan wilayah pedesaan produktif yang memiliki produk-produk unggulan Desa. Proses pengembangan Desa Sejahtera dilakukan dalam beberapa tahapan dalam periode 2 tahun hingga Tahun 2020.

Adapun tahapan pengembangan Desa Sejahtera meliputi Penetapan daerah sasaran Desa Sejahtera, Kelembagaan, Penyusunan rencana kerja/program,

Pelatihan dan pembinaan pengembangan produk unggulan desa,Penetapan produk unggulanPemasaran dan inovasi produk unggulan.

Adapun persyaratan Lokasi Desa Sejahtera, tidak ada permasalahan administrasi dan hukum terhadap tanah maupun bangunan di wilayah tersebut. Wilayah tersebut tidak dalam rencana jangka panjang pemerintah pembangunan/pengalihan lahan/penggusuran.

Lokasi usulan mudah diakses. Lokasi yang diusulkan minimal mencakup 3 Desa/kawasan perdesaan. Memiliki keunggulan potensi lokal yang kuat dan menjadi salah satu target desa sejahtera yang akan dikembangkan oleh Pemerintah setempat dalam bidang kewirausahaan atau ekonomi.

Memiliki BUMDes/BUMDes Bersama dan/atau memiliki produk unggulan desa (PRUKADES) yang telah berjalan minimal 2 tahun. Memiliki tokoh penggerak di wilayah Desa tersebut yang dapat mendukung pelaksanaan program di masyarakat (minimal 5 orang/desa).

Bersedia menjalankan program Desa Sejahtera secara keberlanjutan.

Desa yang diusulkan bukan merupakan binaan perusahaan lainnya.  Program Desa Sejahtera sendiri, jadi cara Astra mewujudkan SDG's. Astra menyadari bahwa kemajuan perusahaan tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan dan perkembangan masyarakat di sekitarnya.

Karenanya, Astra akan selalu berkomitmen kuat untuk terus berperan dan mengembangkan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat. Tujuannya tak lain adalah, demi meraih tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDG's), melalui program-program corporate social responsibilities (CSR) yang diusungnya.

Sebagai pilar CSR, Astra terus mengembangkan program di empat bidang, yaitu di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Program Desa Sejahtera adalah salah satu program CSR Astra yang terkait dengan bidang kewirausahaan.

Hal ini sejalan dengan filosofi Astra, yaitu Catur Dharma, di mana pada butir pertama, isinya adalah untuk menjadikan Astra sebagai aset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Tujuan dalam berkontribusi menuju pembangunan berkelanjutan. Di mana, hal itu merupakan komitmen Astra dalam menjunjung semangat sustainable development goals atau SDG's.

Astra akan selalu berimprovisasi dan mengambil pembelajaran dari berbagai sumber. Sehingga, saat ini, Astra memiliki empat fokus yang mereka usung dan kejar melalui program Desa Sejahtera Astra tersebut.

Pertama, yakni meliputi pelatihan dan pendampingan. Kedua, melalui penguatan kelembagaan demi menciptakan lembaga yang baik, yang akan memberikan kegiatan di pedesaan. Ketiga adalah bantuan prasarana, dan keempat adalah pemberian fasilitas modal dan pemasaran. (aep mulyanto)