LTSP Sambas, Permudah Proses Penyaluran TKI

Sambas

Editor Soetana hasby Dibaca : 447

LTSP Sambas, Permudah Proses Penyaluran TKI
Ilustrasi
SAMBAS, SP – Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Kabupaten Sambas akan segera beroperasi. Hal ini, mempermudah dan memotong birokrasi pengurusan perizinan, di antaranya penerbitan paspor bagi penyaluran Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Sambas, Agus Supardan menyatakan LTSP Sambas akan mulai beroperasi di tahun 2017 mendatang. “Akan segera dibuka di Kabupaten Sambas, mulai memberikan pelayanan pada 2017," ujar Agus, Rabu (7/12).

Dia mengklaim dengan adanya LTSP, akan mempermudah pelayanan. “Tidak mahal dan tidak lama," ujar Agus. 

Dijelaskannya, Dinsosnakertrans masih menunggu kedatangan peralatan dari kementerian, agar Kantor LTSP sementara berada di gedung Pelatihan LLK, Jalan Sukaramai, Kecamatan Sambas, dapat beroperasi.

"Janjinya peralatan yang diperlukan akan dikirim pada Desember ini. Dengan alat tersebut kami bisa mengeluarkan paspor sendiri dengan koordinasi bersama Imigrasi,” kata Agus.

Beni, penyalur TKI, mengapresiasi rencana beroperasinya LTSP Sambas. "Jika dengan adanya LTSP bisa memangkas birokrasi pembuatan paspor untuk bekerja dan segala izin, serta biaya lebih murah, para calon TKI akan beralih ke LTSP dibanding ke Imigrasi dan lainnya," ungkap Beni. (noi)

Baca Juga:
STOPPRESS: Malaysia Deportasi 44 Tenaga Kerja Indonesia Via Entikong