Antisipasi Dini Penyakit, Ini Upaya Dinkes Sambas

Sambas

Editor sutan Dibaca : 879

Antisipasi Dini Penyakit,  Ini Upaya Dinkes Sambas
Ilustrasi
SAMBAS, SP - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sambas menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), sebagai antisipasi dini penyakit yang acapkali muncul di musim penghujan.

"Diare dan demam berdarah berpotensi muncul pada musim hujan seperti sekarang ini.  Kita upayakan langkah antisipasi dini meskipun saat ini masih belum bisa kita katakan musim pancaroba," kata I Ketut Sukarja, Kepala Dinkes Sambas.


Ketut mengungkapkan pihaknya juga melakukan optimalisasi sarana dan prasarana kesehatan di Puskesmas,  agar upaya antisipasi tersebut bisa dilakukan tanpa ada kendala berarti.
Selain itu, dia mengimbau agar masyarakat membiasakan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit.

"Segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat jika merasa terpapar penyakit," imbaunya.

Sementara,  Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinkes Kabupaten Sambas, Ardias mengatakan, memasuki musim penghujan,  pihaknya telah melakukan upaya antisipasi DBD.

"Berkaca dari kejadian pada 2009 dan 2014 dan meminimalisir timbulnya kejadian luar biasa. Kita telah siapkan obat-obatan di Puskesmas maupun Dinkes, serta fogging dan PSN," papar Ardias.


Menurutnya, peran serta masyarakat sangat penting dalam upaya antisipasi dini demam berdarah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bersih-bersih lingkungan, agar nyamuk tidak menemukan habitatnya untuk bersarang.


"PSN lebih penting. Fogging itu paling vital kalau insidentil kasus di situ positif, mau tidak mau kita fogging karena indikasinya nyamuk di situ sudah infeksius," pungkas Ardias. (noi/bah)

Baca Juga:
Badan Jalan di Jembatan Penanjung, Sekadau Rawan Putus