Perhatikan Perbatasan, Kementan RI Dukung Pertanian Sambas

Sambas

Editor Kiwi Dibaca : 382

Perhatikan Perbatasan, Kementan RI Dukung Pertanian Sambas
PANEN PADI – Petani sedang memanen padi di sawah. Di Sambas, Pemkab setempat terus menggenjot petani untuk meningkatkan produktivitas padi.
SAMBAS, SP - Pemerintah pusat memberi dukungan terhadap pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sambas. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sambas, Hairiah usai kunjungannya ke Kementerian Pertanian (Kementan) RI beberapa waktu lalu.

"Pemerintah pusat memberikan dukungan sebesar-besarnya bagi wilayah perbatasan, termasuk Kabupaten Sambas," katanya, Minggu (21/5). Kabupaten Sambas, kata Hairiah, menjadi satu di antara daerah yang ditargetkan pemerintah pusat agar bisa menjadi pengekspor hasil pertanian.

"Dukungan tersebut yakni dalam suatu upaya yang dipersiapkan pemerintah sebagai daerah pertanian berskala ekspor. Pemerintah pusat siap untuk memfasilitasi 50 ribu hektare untuk lahan pertanian dan lima ribu hektare untuk perkebunan," ungkap Hairiah.

Pemerintah pusat, kata Hairiah,  konsentrasi terhadap pembangunan kawasan perbatasan dengan konsep manajemen terarah dan terukur yang melibatkan berbagai komponen masyarakat untuk berperan aktif.

"Mulai dari SDM yang menguasai teknologi, manajemen dalam mengelola kelompok tani serta pengelolaan dalam bentuk usaha-usaha misalnya BUMDes, koperasi dan juga dalam menjalankan upayanya terhadap pengembangan pertanian," pungkas Hairiah. (noi/bah)