Uray Tajudin Jabat Sekda

Sambas

Editor Kiwi Dibaca : 438

Uray Tajudin Jabat Sekda
TANDA TANGAN - Sekda Sambas yang baru, Uray Tajudin (kanan) menandatangani Berita Acara Pelantikan (BAP), disaksikan oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili (kiri). Uray Tajudin dilantik jadi Sekda Sambas di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Jumat (2/6).
SAMBAS, SP - Uray Tajudin, menyatakan siap mengemban amanah yang berikan kepadanya, yaitu sebagai Sekretaris Daerah (Sekda). Pria yang masih menjabat Kepala Dinas Koperasi, UMK, Industri dan Perdagangan (Kadis Kop, UKM, Indag) Sambas ini, dilantik jadi Sekda, Jumat (2/6).  

Pelantikan berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati dan dipimpin langsung oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili. Tajudin dilantik, usai menyisihkan lima kandidat lainnya, melalui skema open biding atau lelang jabatan terbuka nasional, sejak beberapa waktu yang lalu.
 

"Saya akan berpedoman dengan visi-misi Bupati dan Wabup. Saya bekerja dan melaksanakan tugas sesuai amanah, dan optimis bisa menjalankan semua kewajiban,” ujar Tajudin, usai pelantikan.  

Menurutnya, satu di antara tugas yang harus dilakukan adalah pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama dalam merealisasikan program yang disusun dalam Rencana Strategis Pembangunan (Renstra). Ia juga siap menjalin komunikasi dengan Forkompinda, DPRD, dan berbagai pihak.  

“Kunci tugas saya adalah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak. Hal ini untuk memastikan berjalannya roda pemerintahan, melalui sekretariat daerah,” katanya.  

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili mengatakan, terpilihnya Uray Tajudin sebagai Sekda, karena lolos sekesi dan berbagai persyaratan yang ada. Pengalamannya sebagai Kadis Kop, UKM, Indag, diyakini H Atbah bisa jadi modal dalam melaksanakan tugasnya.  

"Pengalaman beliau mengabdi di Kabupaten Sambas tidak perlu diragukan lagi. Selain pernah menjabat Kadis, beliau juga pernah lima kali jadi camat di berbagai kecamatan,” papar H Atbah.   Atbah berharap, Sekda bisa membawa nuansa baru dan perubahan positif pada pemerintahan dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat Kabupaten Sambas. Ia juga berharap, Sekda baru bisa membangun budaya di kalangan ASN ke arah yang lebih baik.  

“Secara umum, ada tiga hal yang harus dikejar oleh Kabupaten Sambas bersama Sekda baru. Semoga dengan Sekda yang baru, kita bisa mengejar Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan dikategorikan hijau oleh Ombudsman, termasuk meningkat IPM," jelasnya.  

Sekda Provinsi Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie, yang turut hadir mewakili Gubernur Kalbar, mengapresiasi pemilihan Sekda Sambas. Menurutnya, Pemkab telah menyeleksi jabatan Sekda secara terbuka.  

“Harapan kita, agar kinerja organisasi Pemkab meningkat, yang ditandai dengan kemampuan merespon keinginan masyarakat dalam menghadapi kondisi terkini," ujarnya.  

Diingatkannya, semua elemen di Pemkab Sambas harus bahu-membahu dalam memenuhi ekspektasi masyarakat. Menuut M Zeet, tuntutan tugas pemerintah, dari waktu ke waktu semakin berat dan kompleks.  

“Realisasi kerja Pemkab yang optimal sangat diharapkan oleh masyarakatnya. Dan ini yang harus jadi tugas kita bersama untuk mewujudkan," pungkasnya. (noi/mul)

Komentar