Lima Hotspot Terdeteksi di Sambas

Sambas

Editor Kiwi Dibaca : 321

Lima Hotspot Terdeteksi di Sambas
PADAMKAN API - Warga berusaha memadamkan titik api di Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, belum lama ini.
SAMBAS, SP - Dari peta sebaran titik api data satelit Lapan, hingga Minggu (30/7) lima hotspot terdeteksi di wilayah Kabupaten Sambas. Hal ini disampaikan Prakirawan BMKG Kalbar, Giri Darmoko, Minggu (30/7). "Pada Sabtu (29/7) dengan waktu akuisisi (UTC) pukul 05.52, satelit Aqua mendeteksi lima hotspot di Kabupaten Sambas yakni di Kecamatan Jawai satu titik hotspot (dengan tingkat kepercayaan 48 persen), di Kecamatan Teluk Keramat empat titik hotspot dengan masing-masing tingkat kepercayaan 48, 58, 61 dan 82 persen," ungkap Giri. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Bupati Sambas, Hairiah. Beberapa titik api sedang dipadamkan.

"Pada beberapa titik sudah dilakukan pemadaman api dan tetap kita lakukan koordinasi dengan Karhutla Kabupaten Sambas," kata Hairiah. Hairiah juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan karena hal tersebut akan berimplikasi pada tindakan hukum.

"Imbauan terus kami sampaikan dan lakukan untuk tidak membakar lahar. Karena dari pengalaman kita tahun lalu, titik api dapat dipadamkan dan antisipasi terhadap lahan gambut yang mudah terbakar terus-menerus diinfokan,” kata Hairiah. Memang ada kasus pembakaran lahan yang sampai pada proses hukum. Semoga menjadi pembelajaran bagi warga untuk tidak melakukannya.

Hairiah berharap agar masyarakat berperan serta dalam upaya pemadaman api agar kebakaran lahan tidak semakin meluas. "Harapan kita semakin sadar masyarakat ikut bersama-sama memadamkan api, semakin baik. Dan untuk persiapan sarana pemadaman api, setiap desa telah tersedia mesin robin," pungkas Hairiah. (noi/bah)

Komentar