Sambut Pilkada, Disdukcapil Kejar Target Perekaman e-Ktp

Sambas

Editor Kiwi Dibaca : 450

Sambut Pilkada, Disdukcapil Kejar Target Perekaman e-Ktp
Ilustrasi
SAMBAS, SP –Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sambas kejar target seratus persen angka warga wajib KTP melakukan perekaman KTP Elektronik (e-KTP). Tindakan itu dilakukan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Sambas, Sunaryo, Rabu (6/9). Target tersebut sesuai dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni pada saat pelaksanaan pendaftaran calon pemilih, salah satunya harus sudah memiliki e-KTP.

“Ini keputusan KPU dimana salah satu syarat warga masuk dalam daftar pemilih harus sudah memiliki e-KTP," ujarnya.
Meski demikian, karena urusan blanko ada di pemerintah pusat, selama mengejar target ini Disdukcapil Sambas akan mengeluarkan surat keterangan jika dalam pelaksanaannya blanko e-KTP sedang kosong.

“Sekarang masih ada blanko e-KTP, kurang lebih lima ribuan. Kalau memang masih kurang kami akan koordinasi ke provinsi. Namun untuk perekaman, akan terus dilakukan. Kalaupun sedang kosong blanko, akan dikeluarkan surat keterangan dan (surat keterangan) ini berlaku untuk pengurusan administrasi lain,” katanya.

Disampaikan, hingga saat ini sudah ada sektiar 87 persen dari warga wajib KTP yang telah melakukan perekaman.
“Kita akan kejar target, dan mudah-mudahan sebelum Pilkada serentak 2018 yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, angka perekaman sudah mencapai 100 persen,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengupayakan tuntasnya perekaman data e-KTP di penghujung 2018. Dengan begitu, identitas berbasis elektronik tersebut bisa digunakan pada
Pilpres 2019. (noi/bah)

Komentar