Pimpin Razia PETI, Atbah Temukan Senapan Lantak

Sambas

Editor hendra anglink Dibaca : 857

Pimpin Razia PETI, Atbah Temukan Senapan Lantak
RAZIA - Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili memimpin langsung razia PETI di Sungai Sambas, Kamis (5/10)
SAMBAS, SP - Keresahan warga akan semakin keruhnya air Sungai Sambas terjawab. Bupati Atbah Romin Suhaili bersama sejumlah jajaran memimpin langsung razia Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di  hulu sungai, Kamis (5/10).

Tepat di Dusun Karangan, Desa Madak Kecamatan Subah ditemukan belasan mesin peralatan penambangan emas tradisional. Dua di antaranya mesin dengan teknik penambangan di sungai, sementara 11 mesin berada di kolam. 

Razia tersebut juga berhasil menjaring pelaku penambang dua orang laki-laki dan satu orang perempuan paruh baya. Lainnya berhasil melarikan diri. Mesin-mesin yang ditemukan langsung dirusak dan dibakar

Pantauan di lapangan, pekerja PETI ada yang turut memboyong keluarga kecilnya. Tampak beberapa baju milik balita, popok bayi menjadi temuan tim. 

Selain itu, fakta lapangan ketika razia tersebut adalah, rata-rata pelaku PETI membekali diri dengan senapan lantak.

Senapan tersebut langsung diamankan pihak kepolisian, termasuk beberapa barang temuan bagian mesin penambang dan motor pelaku PETI.
 
Bupati ketika berdialog dengan pekerja PETI yang terjaring, mengingatkan untuk tidak melanjutkan PETI di Sambas. 

Dia menyarankan agar penambang-penambang tersebut melakukan penambangan yang legal. Pada prinsipnya, Atbah meminta jangan sampai aktifitas penambangan merusak lingkungan. 

"Insya Allah kita akan giatkan terus razia, dan pembinaan yang berkelanjutan," kata Atbah. (noi)