Anggota DPRD Minta Warga Waspada Kejahatan Hipnotis

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 255

Anggota DPRD Minta Warga Waspada Kejahatan Hipnotis
Ilustrasi. Net
SAMBAS, SP - Pelaku kejahatan dengan cara hipnotis berkeliaran di Kabupaten Sambas, Anggota DPRD imbau warga tingkatkan kewaspadaan.

Seperti disampikan Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo, bahwa terdapat warga yang mengadu telah menjadi korban kejahatan dengan cara dihipnotis.

"Saya pernah mendapat aduan baru-baru ini, bahwa ada warga Desa Lorong Kecamatan Sambas yang menjadi korban hipnotis dan mengalami kerugian puluhan juta rupiah," ujarnya, Selasa (21/11).

Dijelaskan Figo, pelaku bukan merupakan warga Kabupaten Sambas. Modus mereka menawarkan bantuan serta seolah seolah mempunyai kekuatan supranatural yang memberikan janji untuk mewujudkan keinginan dari korban. 

Dari aksinya tersebut, pelaku berhasil membawa kabur perhiasan yang jika ditotalkan mencapai Rp70 juta. "Tanpa disadari si korban telah menyerahkan perhiasannya dengan sukarela, setelah barang itu diserahkan baru tersadar bahwa korban telah tertipu dan terhipnotis," tutur figo.

Karenanya, Figo mengimbau agar warga Sambas selalu waspada dan tidak mudah percaya kepada orang asing.

"Masyarakat harus berhati-hati jika ada warga asing yang menawarkan apa saja produk dan janji dengan iming-iming yang tidak masuk akal," kata dia.

Ia juga menyarankan kepada warga khususnya ibu-ibu, untuk tidak memakai perhiasan yang berlebihan disaat ketempat tempat umum, karena itu akan memancing pelaku untuk beraksi. Figo juga meminta agar aparat kepolisian memperhatikan tempat umum seperti terminal dan pasar.

"Mengantisipasi korban berikutnya, aparat kita minta untuk memperhatikan tempat-tempat umum, seperti pasar dan terminal, karena sepertinya mereka memang beraksi di tempat demikian," pungkasnya. (noi/pul)