Dua Anggota Polres Sambas Dipecat

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 328

Dua Anggota Polres Sambas Dipecat
Ilustrasi. Net
SAMBAS, SP - Upaya untuk memberikan pelayanan maksimal terus dilakukan oleh Polres Sambas, satu di antaranya dengan cara memecat anggotanya yang didapati melakukan pelanggaran kode etik.

Hal ini disampaikan Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadi Prabowo melalui

Wakapolres Sambas, Kompol Jovan R Sumual, Jumat (24/11). Bahwa dengan tidak hormat dua anggota yakni Budi Anugroho dan Dadang Rushadi dipecat lantaran telah melanggar kode etik kepolisian Republik Indonesia.

"Petugas yang cakap, baik dan profesional merupakan syarat terciptanya pelayanan yang baik bagi masyarakat, karena itu kami pada Kamis (23/11), melaksanakan apel pemberhentian dengan tidak hormat atas dua anggota kami," ungkapnya.

Dengan demikian kata Wakapolres, menyampaikan kepada masyarakat bahwa keduanya sudah bukan lagi anggota Polri. "Jadi keduanya sekarang sudah menjadi bagian masyarakat umum, agar warga semua mengetahui itu," ujarnya.

Dijelaskan Wakapolres, Eks anggota, Budi Anugroho diketahui telah melakukan tindak pidana dan saat ini sedang menjalani masa hukumannya di lembaga pemasyarakatan.

"Budi Anugroho melakukan pelanggaran kode etik Polri, sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Sambas," tuturnya.

Sedangkan eks anggota Dadang Rushadi, dibeberkan Wakapolres, telah melakukan pelanggaran kode etik polri yakni tidak masuk kantor.

"Dadang Rushadi sudah sangat lama tidak masuk kantor (disersi), dia melakukan pelanggaran disiplin," katanya.

Kedua mantan anggota Polri tersebut terakhir sama-sama bertugas di Mapolres Sambas. Dikatakannya, Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadi Prabowo berharap agar pemecatan kedua anggota tersebut menjadi yang terakhir kalinya.

"Ini adalah sanksi paling berat di internal kepolisian, dan sebelumnya sudah dilakukan sidang disiplin, kemudian kode etik Polri dan peradilan umum bagi yang terlibat tindak pidana," katanya.

Wakapolres juga mengimbau agar jajaran anggota Polres Sambas selalu menjalankan tugas dengan baik, memberikan pelayanan dan mengayomi masyarakat.

"Bagi anggota yang masih akti, agar tidak melakukan pelanggaran dan pidana, selalu disiplin, lakukan dan laksanakan tugas dengan baik, layani, lindungi dan ayomi masyarakat," pungkasnya. (noi/pul)