Sambas Tingkatkan Kesehatan Melalui Perkemahan

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 99

Sambas Tingkatkan Kesehatan Melalui Perkemahan
PERKEMAHAN - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili saat menyematkan pin kepada peserta perkemahan tingkat cabang Satuan Karya Bakti Husada ke-XI, di Desa Tengguli Kecamatan Sajad, Senin (11/12). (SP/Kinoi)

19 Puskesmas se-Kabupaten Sambas Ambil Bagian


Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili
"Saya harapkan kader-kader pembangunan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan, sehingga dapat menjadi pemimpin pelopor dan penggerak pelaksanaan pembangunan di masyarakat"

SAMBAS, SP - Kesehatan masyarakat masih menjadi prioritas dari Pemkab Sambas. Terlebih kesehatan masyarakat tercantum dalam visi-misi pembangunan Kabupaten Sambas. 

"Hal ini menunjukkan keseriusan Pemkab Sambas dalam memperhatikan kesehatan masyarakat, karena mengetahui kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita semua," kata Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dalam sambutannya saat membuka perkemahan tingkat cabang Satuan Karya Bakti Husada ke-XI, di Desa Tengguli Kecamatan Sajad, Senin (11/12).

Peningkatan derajat kesehatan bukanlah hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan saja, tetapi merupakan peran seluruh sektor, termasuk dengan melibatkan pemuda-pemudi, remaja generasi penerus bangsa.

"Anak-anak penerus bangsa ini, harus disiapkan untuk menjadi kader-kader pemimpin pembangunan di lingkungan masyarakat," terangnya.

Atbah mengatakan pramuka merupakan salah satu wadah pembentukan kader pembangunan. Satuan Karya Bakti Husada yang bergerak dibidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pembinaan kader pembangunan di sektor kesehatan.

"Sehingga dengan begitu akan menjadi salah satu penggerak dalam rangka meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sambas," jelasnya.

Hal ini sesuai dengan tujuan dibentuknya Satuan Karya Bakti Husada, di mana untuk mencapai kesehatan jasmani maupun rohani maka harus meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk menjaga diri sendiri, menjaga keluarga dan menjaga lingkungan.

"Saya harapkan kader-kader pembangunan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan, sehingga dapat menjadi pemimpin pelopor dan penggerak pelaksanaan pembangunan di masyarakat," bebernya.

Dengan kegiatan perkemahan tingkat cabang Satuan Karya Bakti Husada ini, Atbah mengajak bersama-sama untuk bangun kekompakan dan kepedulian terhadap kesehatan.

"Saya yakin dengan kebersamaan seluruh elemen masyarakat, kita pasti bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sambas dan menjadikan Sambas lebih baik pada tahun yang akan datang," pungkasnya. 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pertijab Satuan Karya Bakti Husada ke-XI, Dayat mengatakan  peserta yang mengikuti Pertijab berjumlah 509 orang, terdiri dari 19 puskesmas se-Kabupaten Sambas. 

Dayat yang juga Kepala Tu Puskesmas Sajad sangat mengapresiasi Puskesmas Temajuk yang mengikutsertakan 20 pesertanya, sehingga menambah meriah pelaksanaan Pertijab.

"Kita berharap, Pertijab tahun depan bisa lebih baik lagi dari pada tahun ini," singkatnya.

Tumbuhkan Semangat Pemuda


Perwakilan Puskesmas Temajuk, Akhmad mengatakan, bahwa Pertijab ke-XI ini sebagai upaya menumbuh kembangkan semangat pemuda, khususnya pada bidang kesehatan, sehingga dapat mendukung visi dan misi Bupati Sambas. 

"Walau harus menempuh jalan rusak, mobil angkutan terperosok saat menuju lokasi Perticab ke-XI di Kecamatan Sajad, tetapi mereka tetap semangat menyukseskan pelaksanaan ini. Kita mengapresiasi semangat adik-adik pramuka ini," jelasnya.

Akhmad berharap, semoga Perticab ke-XII mendatang lebih ditingkatkan lagi dan pastinya lebih baik lagi dari apa yang sudah ada sekarang.

"Atas nama Pramuka Bhakti Husada, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Sambas dan Kwarcab Kabupaten Sambas, semoga Pertijab kedepan bisa lebih baik, lebih meriah dan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya. (noi/pul)