Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi ke 61

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 218

Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi ke 61
UPACARA – Pemkab Sambas menggelar upacara Hari Ulang Tahun Pemprov ke 61 di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Kamis (11/1). (SP/Nurhadi)

Atbah Serukan Komponen Masyaakat Kerja Bersama 


Seluruh komponen masyarakat hendaknya tetap bekerja keras dan bekerja bersama untuk mewujudkan Kalimantan Barat sejahtera. Hal itu disampaikan Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili sat membacakan sambutan Gubernur Kalbar, Cornelis, pada upacara Hari Ulang Tahun Pemprov ke 61. 

SP - Upacara berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. Atbah mengatakan bahwa Kalimantan Barat bisa lebih sejahtera dan mampu mewujudkan capaian-capaian bagus di tahun 2018. 

"Terus kita tingkatkan kerja bersama dan kerja hebat untuk mewujudkan Kalimantan Barat sejahtera. Kita lakukan sesuai bidang masing-masing," tegas Atbah. 

Saat ini diperlukan peningkatan daya saing, terutama daya saing daerah dengan hadirnya sumber daya manusia (SDM) yang mau bekerja keras. 

"Daya saing generasi muda sebagai agen perubahan harus terus kita dorong. Caranya minimal dengan melakukan pembinaan generasi muda sebagai prioritas dalam pembangunan SDM Kalimantan Barat," tutur Atbah. 

Pembangunan SDM tersebut jelas Atbah, harus melahirkan keterampilan atau keahlian mengelola SDA yang berlimpah. 

SDA yang ada namun tidak mampu dikelola dengan baik, maka bisa menjadi sumber bencana. 

"Jangan sampai anak cucu kita atau generasi yang akan datang menanggung akibat dari kesalahan kita dalam mengelola sumber daya alam," terang Atbah. 

Atbah mengatakan bahwa Kalimantan Barat memerlukan generasi muda yang berpikir dan bertindak inovatif dan kreatif. Generasi penerus Kalbar harus waspada ancaman narkoba. Ketahanan keluarga menjadi benteng menghadapi itu. 

"Tingkatkan ketahanan keluarga melalui peningkatan keimanan, ilmu pengetahuan terutama tentang bahaya narkoba. Ini harus menjadi perhatian kita semua," tegas Atbah.

Perhatian lain yang ditegaskan Atbah yaitu terkait kewaspadaan tentang berita-berita yang tidak benar sumbernya atau hoax. Dia meminta jangan sampai masyarakat Sambas menjadi aktor penyebar hoax. 

"Hoax dapat menimbulkan keresahan bahkan perpecahan di antara kita. Selain itu akan melunturkan semangat kebersamaan. Kita harus menjadi pioner memerangi narkoba dan hoax," pinta Atbah. 

Isu Pemilihan Kepala Daerah tidak luput dari perhatian Bupati Sambas. Dia mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sambas menjadi pemilih cerdas. 

Dia meyakini, pemilih cerdas akan menghadirkan pemimpin yang baik pula. Atbah menginginkan seluruh lapisan masyarakat mengedepankan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan. 

"Masyarakat harus menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Kita harus menyukseskan pemilihan ini untuk Kalimantan Barat yang lebih maju dan unggul serta sejahtera ke depannya," ajak Atbah. 

Upacara peringatan semula dijadwalkan di Halaman Kantor Bupati Sambas. Dikarenakan kondisi cuaca tidak mendukung, panitia akhirnya menjadwalkan pelaksanaan upacara di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. 

Dari jajaran Forkopimda, hadir Ketua Pengadilan Negeri Sambas, Kapolres Sambas, Dandim 1202 Skw, Ketua Pengadilan Agama Sambas, Wakil Ketua DPRD Kab Sambas. Dari Jajaran eksekutif, tampak hadir Sekda Kab Sambas, pimpinan OPD, pejabat struktural eselon III dan IV. (hms/noi/bah)