Hiburan Rakyat Tiga Hari Meriahkan Imlek

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 213

Hiburan Rakyat Tiga Hari Meriahkan Imlek
PASANG LAMPION – Warga sedang memasang lampion di sebuah kelenteng. Di Sambas, panitia perayaan Imlek 2018 menyiapkan hiburan rakyat untuk memeriahkan Imlek. (Net)
SAMBAS, SP - Untuk memeriahkan Perayaan Imlek 2569 di penanggalan Tionghoa Kabupaten Sambas atau jatuh pada 16 Februari 2018, pihak panitia siap menggelar hiburan rakyat tiga hari berturut-turut. 

Ketua Panitia Perayaan Imlek Kota Sambas, Yakob Pujana mengatakan, memeriahkan perayaan Imlek 2569 di Sambas, panitia memberikan hiburan rakyat dengan mendatangkan Rajawali Band asal Kota Singkawang selama tiga hari berturut-turut.

“Hiburan rakyat tersebut nantinya akan dibuka pada Selasa (13/2) malam sekitar pukul 19.00 WIB dan akan berlangsung sampai Kamis (15/2) malam,” jelas Yakob.

Untuk urusan perizinan, kata Anggota DPRD Kabupaten Sambas ini, sudah diurus, terutama  terkait dengan menggunakan fasiltias terminal.

“Sudah keluar izin dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas untuk penggunaan fasilitas terminal,” ungkap Yakob.

“Karena sifatnya hiburan rakyat, maka hiburan tersebut bisa disaksikan masyarakat secara gratis,” kata Yakob. 

Selain itu, panitia juga telah memasang 1.500 lampion di sejumlah ruas jalan di Kota Sambas. Pemasangan lampu dilakukan oleh petugas dari Pemadam Kebakaran Swasta Sambas dalam beberapa hari ini.

“Untuk pemasangan lampu lampion sudah selesai dan malam sudah bisa hidup lampunya. Lampion ini sekaligus untuk memberikan kesan keindahan Kota Sambas," pungkas Yakob. 

Berdasarkan kalender Lunar China, tahun baru 2569 adalah Tahun Anjing (Dog Earth Years). Bagi kebanyakan keturunan Tionghoa, tahun baru Imlek ini juga merupakan hari libur keagamaan, penuh dengan doa, persembahan, dan tindakan pengabdian lainnya.

Momen perayaan tahun baru Imlek adalah momen liburan keluarga bagi kalangan masyarakat Tionghoa di seluruh dunia yang selalu ditunggu-tunggu. Selain untuk melepas penat dari aktifitas sehari-hari, juga merupakan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, dan kesempatan untuk memanjakan diri. (noi/bah)