Ribuan Jemaah Hadiri Tabligh Akbar Syekh Ali Jaber

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 302

Ribuan Jemaah Hadiri Tabligh Akbar Syekh Ali Jaber
CERAMAH – Syekh Ali Jaber berceramah di Lapangan Sepakbola Datuk Buntar, Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Minggu (4/2). Ribuan jemaah menyemut di lapangan itu. (SP/Kinoi)

Syekh Ingatkan Umat Muslim Jaga Ukhuwah 


Ribuan umat muslim Kabupaten Sambas menghadiri tablig akbar Syekh Ali Jaber di Lapangan Sepakbola Datuk Buntar, Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Minggu (4/2). 

SP - Tablig akbar syekh kelahiran Madinah Arab Saudi itu sudah ketiga kali di Kabupaten Sambas. Pertama kali di Masjid At Taqwa Kecamatan Pemangkat. Kedua di Lapangan Sepakbola Namida Sekura Teluk Keramat. Kedua lokasi tersebut berlangsung di tahun 2018.

Di tahun 2018, tepatnya awal Februari, Pemkab Sambas didukung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kalimantan Barat dan Kabupaten Sambas kembali mendatangkan syekh yang telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2011 lalu. 

Pada tablig kali ini, jemaah yang hadir didominasi umat muslim yang berasal dari Kecamatan Jawai, Jawai Selatan, Tebas, Tekarang, Tangaran, Teluk Keramat dan beberapa lokasi lainnya. Bahkan beberapa nomor kendaraan luar seperti Pontianak dan Singkawang tampak terparkir di lokasi acara. 

Antusiasme umat menghadiri tablig tersebut sudah tampak mulai pukul 08.00 pagi. Jemaah sudah mulai berdatangan. Kehadiran Syekh Ali Jaber tersebut juga membawa keberkahan Allah SWT bagi para pedagang setempat. 

Selain minuman dan makanan ringan, warga juga banyak membeli payung persediaan menghadapi cuaca panas maupun hujan. 

Syekh Ali Jaber bersama Bupati Sambas dan rombongan tiba di lapangan sepakbola itu sekitar pukul 10.15 WIB pagi. 

Seyogyanya rombongan tablig dijadwalkan pukul 09.00 sudah berada di lokasi. Kondisi air pasang rob yang melanda Pelabuhan Penyeberangan Perigi Piai-Kuala Tebas akhirnya mengubah penjadwalan awal. 

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dalam sambutannya, tidak henti-hentinya mengucap syukur kepada Allah SWT atas kehadiran ketiga kali Syekh Ali Jaber di daerah yang dipimpinnya. 

"Alhamdulillah, kehadiran ini kita harapkan membawa banyak keberkahan Allah bagi daerah dan masyarakat Kabupaten Sambas. Semakin ramai ulama yang datang, semoga Allah memberkahi negeri kita," ujar Atbah. 

Selain itu, Atbah berharap tausiah yang disampaikan Syekh Ali Jaber pada tablig akbar itu semakin menambah iman, islam, takwa dan ilmu bagi muslim Kabupaten Sambas. Atbah meminta umat muslim Kabupaten Sambas tetap menjaga ukhuwah dan akhlak sebagai muslim. 

"Harus terus kita ulang-ulang untuk selalu mengajak kebaikan bagi saudara muslim kita lainnya, agar terus kita gaungkan dakwah dan syiar Islam," ajak Atbah. 

Dalam tausiahnya, Syekh Ali Jaber juga mengajak umat Islam Kabupaten Sambas  dan Kalimantan Barat mengutamakan ukhuwah islamiyah. 

Dengan kebersamaan, terang Syekh Ali Jaber, akan membawa dampak positif bagi diri dan umat. 

"Begitu pentingnya menjaga kebersamaan, ukhuwah. Banyaknya jumlah kita, jika ukhuwah atau kebersamaan tidak dijaga, akan menjadi percuma," tegas Syekh Ali Jaber. 

Diakhir tausiahnya, gerimis turun. Momen itu dimanfaatkan Syekh Ali Jaber berdoa kepada Allah SWT dan diaminkan jemaah tablig yang hadir. 

Syekh Ali Jaber memohonkan kejayaan, kebaikan dan keberkahan bagi muslim Kabupaten Sambas, Kalbar, Indonesia dan muslim seluruh dunia. (nurhadi/bah)