Konflik Sawit, Pemkab Segera Turunkan Satgas

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 199

Konflik Sawit, Pemkab Segera Turunkan Satgas
Ilustrasi. Net
SAMBAS, SP - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengatakan, untuk mengatasi persoalan konflik antara PT Kaliau Mandiri Perkasa (KMP) dan warga Desa Sijang terkait sengketa lahan perkebunan sawit, Pemkab Sambas akan menurunkan Satuan Tugas (Satgas).

"Rasa keadilan akan kita berikan lewat Satgas yang telah kita bentuk. Satgas dan pemerintah daerah serta stakeholder terkait akan bekerjasama memenuhi rasa keadilan tersebut," ujar Atbah, Minggu (11/2).

Tugas satgas ini disesuaikan dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

"Kerja mereka sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku dalam batas dan wewenang di atur oleh aturan," jelas Atbah.

Atbah juga meminta agar semua pihak yang terlibat untuk patuh pada kesepakatan dan aturan yang telah diatur bersama.

"Semua pihak harus tunduk dan taat pada aturan dan legalitas formal yang sah dalam konteks negara. Aturan-aturan ini akan kita sosialisasikan, serta harus kita tegakkan," pungkas Atbah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 30 warga menahan dan menitipkan dua unit truk PT KMP yang telah melakukan aktifitas panen di lahan sengketa perkebunan. 

Hal ini melanggar kesepakatan yang menetapkan agar pihak perusahaan dan warga untuk tidak melakukan aktifitas di lahan sengketa sampai keluar keputusan pemerintah daerah menyikapi itu.

Kisruh perusahaan perkebunan sawit PT KMP dan warga telah berlangsung sejak 10 tahun silam. (noi/bah)