Pemkab Sambas Studi Banding ke Pemkot Pontianak

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 251

Pemkab Sambas Studi Banding ke Pemkot Pontianak
STUDI BANDING – Tim SAKIP Kabupaten Sambas studi banding ke Pemerintah Kota Pontianak di Aula Kantor Pemkot Pontianak, baru-baru ini. (Ist)

Menyerap Tata Kelola Pemerintahan yang Ideal


Tim Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Sambas menggelar studi banding ke Pemerintah Kota Pontianak, baru-baru ini. Studi itu untuk menyerap penyelenggaraan kepemerintahan dan pelayanan publik Pemkot Pontianak. 

SP - Rombongan Tim SAKIP dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Uray Tajudin dan diterima Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Pontianak, Raihandi Aula Kantor Walikota Pontianak.

Semua Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sambas mengikuti kunjungan resmi kedinasan itu. 

Tajudin mengatakan bahwa tujuan kedatangan mereka ke Pontianak dalam rangka menyerap kebaikan yang telah diterapkan Pemkot Pontianak dalam menyelenggarakan kepemerintahan dan pelayanan publik. 

"Bukanlah hal yang tabu, satu pemerintahan daerah belajar ke pemerintahan daerah lain yang dinilai telah lebih dulu berhasil menemukan rumusan terbaik dalam pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik," ujar Tajudin.

Tidak perlu jauh-jauh jika memang tetangga dinilai telah mampu dan berhasil. Maka itu, Pemkab Sambas melakukan perbandingan ke Kota Pontianak. 

"Kita menginginkan hasil penilaian oleh Kemenpan di tahun-tahun berikutnya terjadi peningkatan yang signifikan, minimal bisa menyamai Kota Pontianak," papar Tajudin. 

Kunjungan ke Pontianak ini, ungkap Tajudin, telah mendapat persetujuan pimpinan tertinggi Kabupaten Sambas. Bupati Sambas, Atbah meminta berbenah dengan cepat dan mengimplementasikan segera di Sambas. 

“Hasil penilaian oleh Kemenpan RB RI, Kabupaten Sambas di tahun 2017 berada di poin CC. Kami bertekad pada 2018 ini harus lebih baik lagi. Minimal bisa capai target BB terlebih dahulu dan kemudian terus ditingkatkan," tegas Tajudin. 

dijelaskan bahwa Benchmarking dalam bentuk kunjungan itu penting dan strategis. Benchmarking atau proses dalam manajemen dengan mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa pada organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal diyakini akan memberikan pembelajaran penting bagi OPD di Kabupaten Sambas. 

"Pemda Sambas sangat berterimakasih kepada pihak Pemerintah Kota Pontianak telah menerima kunjungan kami dengan baik," tutur Tajudin. 

Tajudin optimistis pada 2018 penilaian Kabupaten Sambas lebih baik dari tahun 2017. Tajudin mewanti-wanti masing-masing OPD memanfaatkan kunjungan tersebut dengan sebaik mungkin untuk membenahi unit kerjanya.

"Tentunya pemerintah daerah mengharapkan dukungan seluruh komponen masyarakat, baik melalui masukan yang positif maupun doa-doanya, agar prestasi terbaik bisa kita hadirkan untuk daerah kita ini," harap Tajudin. (nurhadi/bah)