Warga Keluhkan Listrik Sering Padam, PLN: Ada Pemeliharaan Jaringan

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 142

Warga Keluhkan Listrik Sering Padam, PLN: Ada Pemeliharaan Jaringan
RAWAT JARINGAN - Pekerja melakukan perawatan jaringan listrik PLN. Di Desa Sendoyan, beebrapa hari terakhir listrik padam. PLN beralasan ada pemeliharaan jaringan. (Antara Foto)
Warga, Herlina 
"Menanak nasi jadi sulit. Belum lagi belajar anak yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian nasional terganggu karena listrik padam."

SAMBAS, SP - Masyarakat Batu Layar, Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas mengeluhkan dalam beberapa hari terakhir sering terjadi pemadaman aliran listrik.

"Dalam tiga hari terakhir, setiap hari pemadaman. Alasan pemadaman kami tidak tahu," ujar satu di antara warga setempat, Diah, Senin (12/3).

Dengan adanya pemadaman, tentu sedikit banyak akan mengganggu aktivitas.

"Kalau listrik padam tentu mengganggu seperti untuk penerangan dan lainnya," kata Diah.

Warga lain, Herlina mengaku kecewa dengan kinerja PLN. Bagaimana tidak, listrik yang sering padam sangat menganggu aktivitas sehari-hari. 

“Menanak nasi jadi sulit. Belum lagi belajar anak yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian nasional terganggu karena listrik padam,” kata Herlina. 

Herlina meminta PLN segera mengatasi pemadaman listrik agar tidak berlangsung dalam tempo yang relatif lama.

“Tolong PLN segera atasi pemadaman listrik yang sangat mengganggu aktivitas warga ini. PLN juga jelaskan ke masyarakat kenapa listrik bisa padam setiap hari,” ujar Herlina. 

Sementara Supervisor Teknik PLN Rayon Sambas, Area Singkawang, Halbi mengatakan, pemadaman yang terjadi karena ada pemeliharaan alat di daerah Sejangkung dan Sajingan.

"Sendoyan yang berada di Kecamatan Sejangkung tidak terkecuali kena dampak pemeliharaan. Namun pemadaman tidak seluruh kecamatan, hanya terjadi di beberapa titik," kata Halbi.

Halbi menambahkan, pemadaman juga karena di daerah Sejangkung dan lainnya banyak percabangan pada jaringan distribusi dan melintasi daerah kosong.

"Tidak jarang daerah kosong sering ditimpa pohon, meskipun kita rutin melakukan pemangkasan," jelas Halbi.

Dikatakan, untuk pemadaman sebenarnya sudah terjadwal. Hanya saja di luar terjadwal atau karena gangguan alam yang tidak bisa dikendalikan. (ant/noi/bah)

Atasi Kendala dengan Cepat


Tokoh Pemuda Sambas, Ahmad Zaini meminta PLN segera mengatasi penyebab listrik padam. 

“Sebagaimana kita tahu, tak lama lagi siswa-siswi SMP dan SMA akan melaksanakan ujian nasional. Listrik yang sering padam tentu akan mengganggu aktivitas belajar mereka,” kata Zaini. 

Zaini berharap PLN dapat meningkatkan pelayanan kelistrikannya. 

“Kalaulah ada pemeliharaan, upayakan tidak sampai berhari-hari. Masyarakat sebagai konsumen listrik akan tidak nyaman dengan pemadaman listrik itu. Semoga PLN dapat menyadari betapa pentingnya listrik bagi aktivitas masyarakat,” pungkas Zaini. (noi/bah)