DPRD Minta Orangtua Awasi Penerimaan Siswa Baru

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 330

DPRD Minta Orangtua Awasi Penerimaan Siswa Baru
Ilustrasi. (Net)
SAMBAS, SP - Ketua DPRD Kabupaten Sambas Arifidiar, mengimbau kepada penyelenggara pendidikan serius melaksanakan proses penerimaan siswa baru maupun dalam mempersiapkan tahapan belajar mengajar di tahun ajaran baru.

"Termasuk para orangtua siswa, juga mengambil peran dalam upaya seluruhnya berjalan sesuai koridor yang berlaku," kata Arifidiar, Kamis (5/7).

Penyelenggara sekolah hingga orangtua dan masyarakat, mesti serius mengawasi proses tersebut. "Semua harus serius, baik itu penyelenggara pendidikan, mulai dari sekolah dan Dinas Pendidikan. Dan juga peran orangtua siswa, untuk bersama-sama memperhatikan semua proses yang berjalan. Agar satu pemikiran, seluruh kegiatan berjalan lancar, sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Menurut dia, sistem pengawasan dari masyarakat itu sangat perlu. Meski sudah ada lembaga penegak hukum, lembaga pengawas serta lembaga-lembaga lainnya.

“Masyarakat harus sambil juga melakukan pengawasan. Kalau masyarakat cuek, apapun sistem pengawasan yang dilakukan, akan kurang efektif,” katanya.

Masyarakat jika berhadapan dengan pihak atau oknum yang mempraktikkan hal di luar aturan. Bisa menyampaikan ke pihak terkait. Contohnya, kalau ada masyarakat mendapati seorang siswa bisa masuk ke sekolah tertentu dengan jalur belakang masyarakat harus berani menyampaikan. 

“Ini adalah peran masyarakat untuk menekan hal yang melanggar, dan ini harus menjadi kebiasaan di masyarakat, kalau perlu dijadikan motto, melaporkan ke pihak terkait jika mendapai hal yang melanggar,” katanya.

“Jangan ada praktek yang menyimpang, karena sesuatu yang awalnya saja salah, tentu produk daripada itu akan rusak, mari sama-sama kita melakukan pengawasan,” pungkasnya. (noi/ang)