Cegah Rabies, Vaksinasi Hewan di Sambas Terus Digalakkan

Sambas

Editor Indra W Dibaca : 83

Cegah Rabies, Vaksinasi Hewan di Sambas Terus Digalakkan
Ilustrasi. (Net)
SAMBAS, SP- Vaksinasi hewan untuk mencegah menyebarnya penyakit rabies pada hewan dilakukan di kecamatan dengan populasi hewan jenis anjing yang tinggi.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas, Makbullah, program ini terus dilakukan berkelanjutan.

"Program vaksinasi hewan terus kita lakukan di berbagai kecamatan, terutama yang populasi hewan jenis anjingnya cukup tinggi," ujarnya, Senin (6/8).

Vaksinasi ungkap dia juga dilakukan di titik perbatasan Kabupaten Sambas dengan kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang.

"Dalam waktu dekat, sebagaimana dijadwalkan vaksinasi anjing untuk mencegah rabies ini, kita laksanakan di daerah perbatasan dengan Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang, seperti daerah Serat Ayon Kecamatan Tebas, daerah ini tingkat populasi anjingnya cukup tinggi," ujarnya.

Program ini kata Makbullah, mestilah didukung serta oleh kepala desa dan pemerintah kecamatan.

"Kita berharap  peran dari kepala desa, untuk bisa menyampaikan ke Dinas,  jika memang ada wilayahnya terdapat hewan anjing dan paling tidak dari desa bisa mengkoordinir kemudian mengumpulkan hewan-hewan tersebut, agar kami bisa cepat melakukan vaksinasi, karena jika kami datang ke suatu wilayah, kemudian mengumpulkan anjing akan memerlukan waktu cukup lama, sehingga kurang efektif,” katanya.

Baru baru ini, juga terdapat kasus dimana warga terkena gigitan anjing, namun dipastikan Makbullah, korban tidak terkena rabies.

"Kemarin di Kecamatan Sajingan memang ada kasus gigitan anjing terhadap warga, tapi setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif," ungkapnya.

"Kami juga menerima jika ada warga yang ingin memvaksinasi hewan anjing peliharaan mereka, silakan datang ke stan di pameran pembangunan," pungkasnya.(noi)