Pameran Pembangunan Sambas, Selama 10 Hari, Perputaran Uang Capai Rp7 Miliar

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 79

Pameran Pembangunan Sambas, Selama 10 Hari, Perputaran Uang Capai Rp7 Miliar
PAMERAN PEMBANGUNAN – Suasana malam terakhir pameran pembangunan di Sambas, Senin (6/8) malam. Pemerintah daerah mengklaim penyelenggaraan pameran berlangsung sukses dengan total peredaran uang sebesar Rp7 miliar. (SP/Nurhadi)
Selama 10 hari pelaksanaan pameran pembangunan dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kota Sambas ke-387 dan Perpindahan Ibu Kota Kabupaten ke-19 mencatatkan rekor tersendiri. Diklaim, geliat ekonomoi dan antusias masyarakat selama kegiatan berlangsung melebih ekspetasi penyelenggara acara.

SP - Sekretaris Daerah Sambas Uray Tajudin mengatakan, selama pameran perputaran uang mencapai Rp7 miliar, melebih kegiatan yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp6,2 miliar.

“Perputaran uang dan antusias masyarakat selama helatan pameran melebihi ekspektasi,” kata Tajudin, saat menutup pameran, Senin (6/8) malam.

Data itu diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner untuk para peserta pameran, pedagang hamparan dan pengelola parkir kendaraan bermotor. Selain perputaran uang, yang menjadi perhatian Sekda adalah antusiasme warga.

Dia menyebut, stan dengan pengunjung tertinggi, diketahui dari data buku pengunjung adalah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sambas mencapai 3.823 orang; Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu 3.558 orang; Sekretariat Daerah 3.073 pengunjung.

Adanya peningkatan antusiasme warga ikut ambil bagian menyemarakkan pameran pembangunan tahun ini karena banyak organisasi perangkat daerah (OPD) mulai berkreasi dengan penyajian data dan pelayanan publik. Selain itu, prilaku masyarakat terhadap kebutuhan informasi juga semakin membaik.

Pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, beberapa OPD telah memberikan pelayanan terbaik, dengan menghadirkan pelayanan publik langsung di stand pameran. 

“Semoga ini semakin mendekatkan masyarakat dengan organisasi perangkat daerah yang memberikan pelayanan publik,” tegas dia.

Penutupan pameran juga disemarakkan dengan penentuan pemenang stan terbaik dari unsur perangkat daerah. Terbaik pertama diraih Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, terbaik kedua Dinas Kesehatan, terbaik ketiga Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan LH, terbaik harapan pertama stan BNP2TKI, terbaik harapan kedua stan MAN IC Sambas dan terbaik harapan ketiga Dinas Perhubungan.

Stan favorit pilihan Bupati Sambas Sekretariat Daerah dan stan Polres Sambas dipilih oleh Wakil Bupati Sambas. (nurhadi/ang)