Pemda Sosialisasikan Perbup Jaminan Sosial pada Kades

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 118

Pemda Sosialisasikan Perbup Jaminan Sosial pada Kades
Ilustrasi. (Net)
SAMBAS, SP - Pemerintah Kabupaten Sambas mengeluarkan regulasi terbaru yang tertuang dalam Peraturan Bupati Sambas Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Kabupaten Sambas.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Sunaryo mengatakan, aturan itu bagian dari upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Menurut dia, pemerintah daerah terus berupaya memberikan yang terbaik bagi peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Dalam memberikan perlindungan pelayanan kesehatan bagi orang tidak mampu, pegawai pemerintah non PNS dan atau tenaga honor kantor, pemerintah daerah memberikan jaminan pelayanan kesehatan,” kata dia dalam sosialisasi Perbup, di Aula Utama Kantor Bupati, Rabu (8/8).

Dia merinci, jaminan itu melalui program bantuan iuran yang dikelola BPJS Kesehatan Sambas, cabang Singkawang. Keinginan Pemda, ke depan, jaminan pelayanan itu bisa mengakomodir kepala desa dan perangkat desa.

“Perbup ini juga mengamanatkan perluasan kepesertaan BPJS atau kepesertaan wajib. Tentunya ini sejalan instruksi presiden tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional kepada pemerintah daerah kabupaten dan kota,” papar dia.

Kadis Kesehatan Sambas Fatah Mariyuani menyebutkan, sosialisasi ini bertujuan memberi tambahan pengetahuan kepada aparatur daerah termasuk perangkat desa. Perbup ini adalah regulasi baru tentang pelaksanaan program jaminan sosial pada badan penyelenggara jaminan sosial.

“Kita membantu pemerintah memberi pemahaman tentang jaminan pelayanan kesehatan. Dan berharap ini berdampak pada semakin luasnya cakupan kepesertaan BPJS,” ungkap dia.

Sosialisasi diikuti camat, kepala desa dan perwakilan aparatur desa seluruh Sambas. Ada beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber Asisten I Sambas, Badan Keuangan Daerah dan BPJS.

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili meminta masyarakat gencar memasyarakatkan gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas. Kata Atbah, biaya sakit itu mahal.

“Jangan sampai sakit, jaga prilaku hidup sehat. Rasulullah telah banyak memberikan teladan tentang bagaimana hidup sehat,” ujar dia.

Pola hidup sehat Rasulullah salah satunya adalah menjaga kebersihan hati dengan terus berbaik sangka. Dia meminta, peserta sosialisasi Perbup, memberikan dukungan terhadap terbitnya Perbup itu. (noi/ang)