KPUD Sambas Laksanakan Hasil Sidang Ajudikasi

Sambas

Editor Jindan Dibaca : 189

KPUD Sambas Laksanakan Hasil Sidang Ajudikasi
Ilustrasi
SAMBAS, SP - Setelah melalui proses sidang ajudikasi, KPUD Sambas melakukan konsultasi kepada KPU Kalbar terkait hasil putusan sidang tersebut.

Diungkapkan Komisioner KPUD Sambas, Wahdi Kuspian, dari hasil konsultasi ini, pihaknya akan melaksanakan sepenuhnya perintah hasil sidang ajudikasi, yang memerintahkan agar keseluruhan 10 Bacaleg Dapil 1 DPRD Kabupaten Sambas PDIP, dimasukkan ke dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Terkait putusan ajudikasi Bawaslu, hasil konsultasi kita dengan KPU Provinsi, telah memerintahkan untuk segera melakukan perubahan Surat Keputusan dan Berita Acara DCS," ungkapnya, Selasa (11/9).

Guna melaksanakannya, kata Wahdi, KPUD Sambas juga akan melakukan rapat pleno.

"Terkait hal ini maka harus dilakukan pleno di tingkat Kabupaten dan hal tersebut sudah kita lakukan untuk merevisi BA dan SK dari DCS, hanya tinggal menunggu paraf dari PDI Perjuangan saja," katanya.

Dijelaskan Wahdi, ke sepuluh Bacaleg Dapil 1 PDIP Kabupaten Sambas Dapil 1 tersebut, dinyatakan lolos dan berhak dimasukkan ke dalam DCS. Pihaknya juga akan melakukan pengumuman di website KPUD Sambas.

"KPUD sepenuhnya melaksanakan putusan Bawaslu, selagi tidak melanggar aturan-aturan yang ada dan sesuai putusan Bawaslu, bacaleg PDIP Kabupaten Sambas, Dapil 1 atas nama Ratna Sari sudah bisa diterima dipencalegkan dan dianggap sah dari yang sebelumnya tidak menenuhi syarat menjadi memenuhi Syarat," papar dia.

Ditekankan dia, mengikuti dan memenuhi amar putusan sidang ajudikasi merupakan amanat Undang-Undang yang mesti dijalankan.

"Mematuhi hasil sidang ajudikasi adalah sesuai dengan amanah undang-undang No 7 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa keputusan tersebut final dan mengikat," pungkasnya.(noi)