Peserta Kirab Pemuda Belajar Tenun Sambas

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 152

Peserta Kirab Pemuda Belajar Tenun Sambas
Sambas, SP - Pemerintah Kabupaten Sambas, memperkenalkan tenun tradisional kepada peserta Kirab Pemuda 2018. Tenun tradisional Sambas mendapat penghargaan dari PBB sebagai benda warisan budaya.

Para peserta Kirab Pemuda berkesempatan menjajal alat tenun tradisional. “Rumah tenun merupakan salah satu destinasi Kirab Pemuda. Tujuannya agar mereka mengetahui produk tersebut. Dan memahami rumah tenun sebagai tempat praktik, pameran, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan tenun,” kata Wakil Bupati Sambas, Hairiah, Kamis (18/10).

Para peserta Kirab Pemuda juga mendapatkan pengetahuan luas tentang industri rumahan tenun sambas yang terletak di Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas tersebut.

“Para peserta juga berkesempatan mencoba alat tenun, sehingga dengan demikian lebih memudahkan peserta Kirab Pemuda untuk mendapatkan dan menyerap pengetahuan tenun secara langsung dan utuh,” kata Hairiah.

Hairiah berharap, interaksi langsung masyarakat dengan peserta Kirab Pemuda menjadi salah satu pintu masuk promosi wisata Kabupaten Sambas, terutama tenun Sambas.

Peserta Kirab juga disuguhi makanan khas Kabupaten Sambas yakni bubur pedas, dan diperkenalkan dengan budaya makan besaprah Sambas yang sarat nilai kebersamaan.

“Mereka bisa meningkatkan parawisata yang ada di Kabupaten Sambas. Mereka menuliskan pengalaman ke media yang mereka miliki, seperti facebook, instagram dan lainnya, dengan demikian publikasi tentang Kabupaten Sambas dapat ketahui secara luas,” ujar Hairiah.