Desa Pedalaman Sambas Produksi Lada Bubuk Kemasan

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 894

Desa Pedalaman Sambas Produksi Lada Bubuk Kemasan
Sambas, SP- Terobosan baru dilakukan Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Desa di pedalaman Sambas ini mampu memproduksi lada bubuk dalam kemasan.

Kepala Desa Sendoyan, Juliansyah mengatakan terus mendorong upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di desanya. Salah satunya memberikan nilai tambah produk perkebunan masyarakat.

“Desa Sendoyan salah satu sentra penghasil lada di Kabupaten Sambas. Jika selama ini masyarakat hanya menjual lada mentah, untuk meningkatkan nilai tambah kita harus memproduksi turunannya berupa lada bubuk hitam dan putih yang dikemas,” ujar Juliansyah, Senin (22/10).

Produk yang dihasilkan ini kata Juliansyah, merupakan hasil produksi industri rumahan warga Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan.

“Mereknya Lada Batu Layar. Ini produksi rumahan warga Dusun Batu Layar, daerah ini memang penghasil lada berkualitas,” ujar Juliansyah.

Meski saat ini Lada Batu Layar masih diolah sederhana, pemerintah desa Sendoyan akan mengembangkan produk ini lebih serius. “Masyarakat akan terus kita dampingi dan diberdayakan. Kami sedang mengurus administrasi agar Lada Batu Layar bisa lebih luas dipasarkan.”

Hasil panen lada Dusun Batu Layar lebih dari 35 ton per tahun. Hampir setiap keluarga menjadi petani lada. Komoditas lada menjadi sumber pendapatan utama masyarakat.
  Saat harga lada anjlok seperti saat ini, dibutuhkan inovasi mendorong produk lada menjadi memiliki nilai tambah ekonomi.