KPUD Sambas Buka Kursus Pemilu

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 127

KPUD Sambas Buka Kursus Pemilu
Sambas, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Sambas, akan membuka kursus terbuka tentang pemilu. Kursus tersebut adalah upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Sambas.

“Ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, kita juga melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas kemarin,” kata Komisioner KPUD Sambas Martono, Senin (5/11).

Program kursus tersebut juga dilakukan agar masyarakat semakin paham dan mengerti tentang pemilu. “Nantinya mereka akan memberikan edukasi pemilu kepada lingkungannya. Kami sangat terbantu apalagi daerah mereka tinggal di daerah yang cukup jauh untuk dijangkau,” kata Martono.

Peserta kursus juga diprioritaskan jika mendaftar menjadi anggota KPPS. “Jadi selain pengetahuan tentang kepemiluan, peserta juga akan mendapatkan manfaat diprioritaskan mendaftar sebagai KPPS atau PPS.”

Syarat mengikuti kursus ini antara lain warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak piilih, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, berkomitmen menyebarluaskan pengetahuan soal pemilu, berpengalaman atau aktif dalam organisasi, dan bersedia mengikuti program sampai selesai.

KPUD menyediakan tempat untuk  60 peserta yang akan dibagi menjadi tiga kelas. Pendaftaran dimulai 1-9 November 2018. “Mereka yang ingin mendaftar, dapat melihat informasinya di Kantor KPUD Sambas atau pengumuman yang kami pasang,” ujar Martono.