Bupati Setuju Kebut Infrastruktur di Kecamatan Jawai

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 131

Bupati Setuju Kebut Infrastruktur di Kecamatan Jawai
Sambas, SP - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menegaskan akan membangun infrastruktur di Kecamatan Jawai pada tahun 2019. Hal ini menjawab desakan pengunjuk rasa Gerakan Masyarakat Managih Janji Bupati (Geram Menjabu).

Sebanyak 130 pengunjuk rasa warga Kecamatan Jawai menuntut Pemerintah Kabupaten Sambas menyegerakan pembangunan infrastruktur di daerah mereka.

Sebanyak 15 perwakilan peserta aksi dan 4 anggota DPRD, diterima oleh Bupati beserta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendiskusikan solusi tuntutan warga tersebut.

“Saya senang didatangi dan ditagih. Sebenarnya jangan ditagih, cukup ingatkan saja saya akan hitamkan jalan Jawai,” kata Bupati.

Atbah mengatakan akan secara penuh membangun infrastruktur di Jawai. Secara khusus Bupati akan menugaskan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sambas untuk menyelesaikan hal tersebut.

“Jawaban saya singkat saja, karena janji adalah hutang yang harus dibayar. Saya mohon kepada bapak Kepala Dinas PU untuk menyelesaikan ini. Anggaran tambahan yang diajukan akan kita setujui dan siasati bersama,” ujar Atbah.

Bupati juga meminta maaf atas ketidaknyamanan infrastruktur di Kecamatan Jawai selama ini. “Saya mohon maaf kemarin tidak berjumpa karena ada pertemuan Sosek Malindo. Ini adalah kebutuhan dan saya memahami ini. Saya berkali ke Jawai dan memang jalannya sungguh tidak enak.” 

Atbah berpesan agar masyarakat turut menjaga jalan yang kelak dibangun. Bila perlu warga membangun portal agar kendaraan yang melebihi tonase tidak dapat lewat.
  Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sambas, Sabib mengatakan alokasi dana pembangunan infrastruktur di Jawai dan sekitarnya telah ditetapkan Rp 16 miliar.  Dengan persetujuan Bupati, diperkirakan penambahan anggaran menjadi Rp 30 miliar pada tahun 2019.

“Kondisi jalan Sui Batang dan Pinang Merah terbagi atas beberapa segmen. Mulai dari Sentebang sampai Nilam contohnya rusak berat,” ujar Kepala Dinas.

Anggota DPRD Sambas, Suryadi mengatakan siap dan akan menyetujui penambahan anggaran yang diajukan Bupati Sambas. “Sebagian janji telah dipenuhi dengan adanya program pembangunan lewat Dinas PUPR. Ini respon bupati dan kita ucapkan terima kasih. Dari RAPBD 2019 kita sudah tahu komposisinya, cuma dari paparan Kadis PU yang mengatakan masih kurangnya anggaran,” katanya.

Suryadi menyarankan Bupati segera menemui Badan Anggaran dan DPRD Kabupaten Sambas untuk merancang anggaran yang diperlukan.