Poltesa Dampingi Program Inovasi Desa di Sejangkung dan Selakau

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 362

Poltesa Dampingi Program Inovasi Desa di Sejangkung dan Selakau
Sambas, SP - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) menyepakati kerja sama bidang inovasi desa. Pembangunan desa tidak hanya terbatas pada pembangunan infrastruktur.

Direktur Poltesa, Mahyus mengatakan, kerja sama ini sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Sesuai tupoksi perguruan tinggi, pendidikan dan pengajaran, penelitian pengabdian kepada masyarakat, ini gayung bersambut dengan program inovasi desa. Kami berharap keberadaan politeknik memberikan inovasi yang yang baru kepada masyarakat, khususnya di desa,” kata Mahyus, Rabu (7/11).

Memunculkan inovasi kata Mahyus, merupakan satu diantara tugas yang mesti dilakukan oleh desa. Pembangunan tak hanya pada infrastruktur.

“Desa mendapatkan alokasi dana desa yang harapan pemerintah dan masyarakat tak hanya membangun jalan atau infrastruktur. Kalau ada ide dan gagasan dari desa maka kami sambut. Kalau tidak ada, akan kami berikan gagasan sehingga tercipta susasana baru di desa.”

Pada perjanjian kerja sama itu, Poltesa akan mengambil peran sebagai tenaga ahli atau akademis. Poltesa nantinya akan melakukan pendampingan terhadap upaya pengembangan inovasi desa.

“Peran Poltesa nantinya sebagai konsultan, instruktur, penyuluh dan mengajar di masyarakat. Selain itu kami juga punya sumber daya alat dan laboratorium, itu kita manfaatkan untuk membantu program ini,” ujar Mahyus.

Ketua TPID Kecamatan Selakau, H Maryadi mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan kesanggupan Poltesa mendampingi 2 desa di daerahnya. 

“Kami merasa bersyukur atas MoU tentang pelaksanaan inovasi desa ini. Diharapkan untuk di Kecamatan Selakau ini akan bisa menjadi inovasi desa yang menghasilkan gagasan dan komitmen,” kata Maryadi.

Menurut Jamhuri Nur, Ketua TPID Kecamatan Sejangkung terdapat beberapa kegiatan yang diyakini akan sangat bermanfaat dalam kerja sama ini.

“Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Sejangkung melakukan MoU dengan Poltesa terkait empat kegiatan, diantaranya pembuatan RAB perencanaan pembangunan 2019 dan pelatihan sistem informasi berbasis dekstop, manfaatnya akan banyak bagi desa,” bebernya.

Contohnya kata Jamhuri, program pengembangan layanan dan sistem informasi berbasis dekstop, ini akan menjadikan desa lebih moderen.

"Seperti pengembangan layanan dan sistem indormasi berbasis dekstop, yang sebelumnya manual menggunakan mesin tik dan komputer dengan cara yang biasa saja, menjadi lebih canggih dengan layanan dan sistem informasi berbasis dekstop,"pungkasnya.