Dinas Perdagangan Beri Peringatan Keras Agen LPG

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 396

Dinas Perdagangan Beri Peringatan Keras Agen LPG
Kabid Perdagangan, Diskumindag Sambas, Nisa Azwarita saat memantau ke pangkalan LPG
Sambas, SP -  Kelangkaan dan tingginya harga LPG subsidi 3 kilogram ditanggapi tegas oleh Dinas Koperasi, UKM , Industri dan Perdangan (Diskumindag) Kabupaten Sambas.

Kabid Perdagangan, Diskumindag Kabupaten Sambas, Nisa Azwarita menegur keras 5 agen dan 7 pangkalan gas LPG yang melakukan pelanggaran. Agen ditegur karena tidak mengantar gas ke pangkalan.

“Tujuh agen terdapat di Kabupaten Sambas, lima diantaranya kami beri teguran yakni PT Matahari Jaya, PT Masara, PT Anwil, PT Sambas Mandiri, dan PT Harum, lalu ada tujuh pangkalan yang juga mendapat teguran,” kata Nisa azwarita, Jumat (9/11).

Menurut Nisa 5 agen gas tersebut juga tidak melakukan tugasnya mengantar LPG subsidi ke sejumlah pangkalan. Sehingga pangkalan harus menjemput LPG yang menyebabkan harganya menjadi naik.

Para agen juga diduga memiliki pangkalan fiktif. Ini biasanya dilakukan agen untuk memanipulasi penyaluran gas subsidi. “Di Kecamatan Jawai terdapat dua pangkalan fiktif. Kami menggunakan data Pertamina, ternyata di lapangan ada dua pangkalan fiktif. Pertamina telah menegur agen yang menaungi pangkalan fiktif tersebut,” ujar Nisa.

Dinas Perdagangan juga menegur keras tujuh pangkalan karena telah menjual LPG subsidi terlalu mahal. “Peringatan dan teguran kepada tujuh pangkalan di Kecamatan Teluk Keramat, karena harga mereka terlalu mahal,” lanjut Nisa.

Ditegaskan Nisa, pihaknya bersama Pertamina sudah bersepakat jika agen dan pangkalan tersebut mengabaikan teguran dan peringatan, akan dijatuhi sanksi pemutusan hubungan usaha.