Jumat, 06 Desember 2019


52 Kepala Keluarga di Desa Bukit Segoler Mengungsi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 50
52 Kepala Keluarga di Desa Bukit Segoler Mengungsi

Banjir – Seorang warga Desa Bukti Segoler, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas berdiri di depan rumahnya yang terendam banjir. Banjir setinggi beetis orang dewasa tersebut mengharuskan warga untuk mengungsi dari rumahnya. ist

SAMBAS, SP –Banjir merendam wilayah Desa Bukti Segoler, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas. Akibatnya setidaknya 52 kepala keluarga harus diungsikan.

Kapolres Sambas, AKBP Permadi Syahids Putra mengatakan, ketinggian banjir di desa tersebut mencapai betis orang dewasa.

“Penyebab banjir kali ini dikarenakan tingginya intensitas hujan belakangan ini. Kita berharap ketinggian banjir segera turun," katanya, kemarin.

Meski demikian, Permasi tetap mengimbau masyarakat Sambas yang bermukim di sekitar sungai meningkatkan kewaspadaan dan menempatkan barang berharga di tempat yang lebih tinggi.

“Kewaspadaan tetap harus ditingkatkan, karena kita tidak bisa menduga kapan banjir akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sambas, Yudi mengatakan ada 36 desa di Sambas yang masuk kategori rawan banjir. Dari jumlah tersebut, 13 desa masuk kategori tingkat tinggi rawan banjir, 20 desa dengan kerawanan sedang, dan tiga desa dengan potensi rawan rendah.

Dia menjelaskan, desa yang masuk rawan tinggi ada di Desa Lubuk Dagang, Gapura, Gayung Bersambut, Beringin, Sungai Nilam, Santaban, Sungai Bening.

“Kemudian di Desa KP Keramat, Sayang Sedayu, Sebangun, Tempapan Hulu, Desa Semanga, dan Sepantai," ungkapnya.

Pemkab Sambas kata Yudi telah mengeluarkan surat imbauan dan peringatan waspada banjir ke masyarakat. Sementara mengenai banjir di kawasan Desa Bukit Segoler, Yudi mengatakan pihaknya melihat langsung kondisi banjir di sana.

"Camat dan Forkopimcam BPBD sudah mendatangi lokasi. Rencananya hari ini tim pelayanan kesehatan dari Dinkes Sambas akan beri pelayanan kesehatan di sana," ungkapnya. 

Sementara untuk bantuan bahan makanan pokok telah disalurkan oleh pemerintah desa setempat."PJ Kades hari ini juga akan memberikan bantuan sembako ke warganya menggunakan Dana Desa," jelasnya. 

Kemudian dari Dinas Sosial Sambas, sambung Yudi masih melakukan pendataan terkait jumlah korban banjir di Desa Bukit Segoler.

"Dinas Sosial sedang melakukan pengumpulan data jumlah penduduk yang terdampak banjir yang selanjutnya akan menyalurkan bantuan logistik," katanya. (noi/jee)