Kadis: Pengangkatan Bidan PTT jadi PNS Wewenang Pemerintah Pusat

Sanggau

Editor sutan Dibaca : 927

Kadis:  Pengangkatan Bidan PTT jadi PNS Wewenang Pemerintah Pusat
BIDAN (antarafoto)
SANGGAU, SP - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Jones Siagian menyatakan kepastian pengangkatan bidan berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Meski demikian, dia meminta bidan PTT tak perlu khawatir jika tidak diangkat menjadi PNS.

“Informasi awal waktu kita rapat, tidak sekaligus pengangkatannya. Namun bertahap. Makanya ada bahasa yang angkatan tua itu diprioritaskan,” ujarnya, Senin (1/8).

Pengangkatan tersebut menurutnya bergantung pada kemampuan keuangan negara. Dana cukup besar diperlukan untuk mengangkat bidan PTT seluruh Indonesia.

“Bayangkan berapa puluh ribu seluruh Indonesia, kalau sekaligus diterima bisa jebol keuangan negara. Pasti akan bertahap,” akunya.

Namun Jones juga tidak menampik, munculnya kekhawatiran terhadap kebijakan ini. Pergantian menteri terkadang ikut merubah kebijakan.

 “Kalau sudah disepakati seharusnya dilaksanakan. Makanya sekarang ini moratorium, tidak ada perekrutan PTT baru,” imbuhnya.

Dia juga belum memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengangkatan bidan PTT di Sanggau yang berjumlah 73 orang. “Akan direkrut semua. Itu informasi yang diterima Diskes dari pusat. Kecuali yang tidak memenuhi persyaratan seperti umur yang di atas 35 tahun,” bebernya.

Jones menyarankan, bidan PTT untuk menjadi Pegawai Pemerintah Pekerja Kontrak (P3K). Mereka akan menerima hak seperti PNS, baik gaji maupun tunjangan. “Hanya saja tak dapat uang pensiun. Umur kerja mereka sama dengan pegawai negeri,” jelasnya.

Sementara itu, bidan PTT, Khairunisa (33) berharap tak ada perubahan dari kesepakatan awal. Artinya seluruhnya akan direkrut menjadi CPNS.

Dia mengaku selama ini informasi yang beredar di kalangan sesama bidan PTT masih simpang-siur. Bidan yang telah mengabdi selama delapan tahun di Desa Sami, Kecamatan Bonti ini menyebutkan pengangkatan itu akan memperjelas nasib mereka ke depan. “Mudah-mudahan semuanya bisa diangkat,” pungkasnya. (pul/and/sut)


Komentar