STOP PRESS: Malaysia Deportasi 44 Tenaga Kerja Indonesia Via Entikong

Sanggau

Editor Soetana hasby Dibaca : 723

STOP PRESS: Malaysia Deportasi 44 Tenaga Kerja Indonesia Via Entikong
DIDEPORTASI - 44 TKI dipulangkan Imigrasi Semuja Malaysia, Kamis (17/11), melalui PLBN Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat. (SP/Ist)

PONTIANAK, SP – Imigrasi Malaysia, Kamis (17/11), mendeportasi 44 tenaga kerja Indonesia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Imigrasi Semuja Malaysia beralasan, ke 44 TKI itu dipulangkan dengan berbagai sebab. Di antaranya, pekerjaan tidak sesuai, gaji tidak sesuai, tidak memegang paspor, tidak memiliki permit dan kondisi sakit.

Para TKI yang terdiri dari 40 pria dan 4 perempuan itu dideportasi dengan menggunakan truk dan kendaraan jenis van milik Imigrasi Semuja Malaysia. Para TKI yang berasal dari Kalimantan Barat (14 orang), Nusa Tenggara Timur (2 orang), Sulawesi Selatan (1 orang), Nusa Tenggara Barat (17 orang), Jawa Barat (1 orang), dan Jawa Timur (9 orang), tiba di PLBN Terpadu Entikong, sekitar pukul 14.30 WIB.

Kapolsek Entikong AKP Kartyana mengatakan para TKI diantar pihak Imigrasi Malaysia bersama pihak  Konsulat Jenderal RI di Malaysia. Selanjutnya para TKI, kata Kartyana, diberangkatkan menuju Departemen Sosial di Kota Pontianak, dengan menggunakan dua unit bus.

Kartyana menegaskan Polsek Entikong mengusut  dugaan adanya kasus trafficking. “Apabila ada indikasi merupakan korban trafficking,  akan mengusut Agen TKI,” ujar Kartyana.

Dia menambahkan, para TKI diminta menandatangani surat pernyataan tidak kembali ke Malaysia tanpa dokumen lengkap. (ang)


Komentar